STRATEGI
“KOPI CAP KAPAL API” MENGHADAPI SERANGAN PESAING
Pasar kopi di
Indonesia sangat besar dan jumlah peminum kopi di Indonesia juga sangat besar. Indonesia
adalah pasar yang potensial untuk produk rokok kretek khas Indonesia dan rata-rata perokok pastilah peminum kopi. Kopi bukan lagi sekadar lagi sebagai minuman pengusir rasa kantuk. Minum kopi sudah menjadi bagian dari aktivitas sosial masyarakat. Oleh karena itu,
kedai-kedai kopi membanjir di Indonesia. Hampir setiap kedai kopi yang tumbuh masif tersebut selalu ada penghuninya, alias tidak
sepi pengunjung.
Saat ini,
dunia persaingan kopi instan sangat ketat. Kapal Api
sebagai pelopor kopi instan masih merajai
pasar. Kapal Api Group (Kapal Api, ABC, Ya, dan Good Day) sulit digeser oleh produk kopi bubuk instant manapun. Berdasar hasil riset perusahaan ini masih menjadi jawara di pasar serbuk penyegar badan dan penahan kantuk tersebut. Di tahun 2020, sebagaimana
terlihat pada Tabel 1, kopi kemasan cap Kapal Api masih tetap mendominasi pasar, dibayang bayangi oleh para kompetitor seperti Nescafe,
TOP, Torabika dan LUWAK WHITE COFFIE (LWK). Kapal Api bertahan di pasar sebagai market leader karena mampu bertahan dari paradigm kopi adalah HITAM (Paham kopi pasti hitam).
Tabel 1: TOP 10 KOPI DALAM KEMASAN URUTAN MEREK
1 Kapal Api
2 Nescafe
3 TOP
4 Torabika
5 LUWAK WHITE KOFFIE
6 Indocafe
7 Good Day
8 ABC
9 Ya
10 JJ Royal
Indonesia yang jumlah penduduknya
lebih dari 270 juta jiwa sangatlah menarik bagi perusahaan- perusahaan kopi. PT. Santos Jaya Abadi yang memiliki merek kopi Kapal Api melihat peluang pasar Indonesia dengan melakukan beberapa pendekatan pemasaran
dengan melakukan kombinasi pemasaran kekinian dan konvensional. Dalam beberapa inisiatif marketing-nya, Kapal Api juga terus
berupaya masuk
ke pasar-pasar anak
muda yang notabene sebagai konsumen sangat erat dengan kopi
dan gaya hidup. Seperti kita lihat dengan mata telanjang, kedai-kedai kopi yang menjamur di Indonesia diisi oleh kelompok konsumen
dengan usia muda.
Dengan keberhasilannya
meraih posisi market leader di pasar Indonesia, Kapal Api juga memperluas penjualan produknya ke mancanegara.
Diawali ekspor ke Arab Saudi, lalu Hongkong dan Tiongkok,
serta Malaysia dan Taiwan. Tetapi penjualan
ke negara lain bukanlah hal mudah, mereknya tidak selalu diterima pasar mancanegara. Untuk menyesuaikan dengan budaya setempat, di
Hongkong, nama Kapal Api
mesti diganti dengan Wenz. Begitu juga dengan pasar Taiwan dimana Kapal Api masuk lewat merek Excelso. Hanya Negara Malaysia dan Arab Saudi
yang masih menggunakan merek Kapal Api.
Di tahun 2015, Kapal
Api
berpartisipasi dalam
pameran 24th International Food
Exhibition ‘WorldFood
Moscow 2015’ di Rusia, 17 – 19 September 2015. Dengan masuk pasar Rusia, maka semakin mudah Nbagi Kapal Api masuk ke Negara Eurasian Customs Union, yang terdiri dari Kazakhstan, Armenia dan Kyrgyztan. Apalagi ekspor kopi Indonesia
ke pasar Rusia hanya 7,3% dari total impor kopi Rusia yang
sebesar US$ 566,8 juta pada tahun 2014.
Posisi Indonesia di pasar Kopi saat ini semakin menguat karena mempunyai beragam jenis kopi dengan kualitas terbaik. Ada Kopi Kalosi Toraja, Mandailing,
Gayo, dan Timor.
Indonesia juga punya kopi yang
sangat eksotis yakni Kopi Luwak yang tidak dimiliki
Negara manapun.
Kapal Api juga memiliki kebun
kopi Kalosi Toraja di Tana Toraja, yang juga dihuni banyak binatang luwak.
Menurut CEO Kapal Api
“Inilah salah satu competitive advantage dari group kami yang tidak dimiliki oleh perusahaan manapun di
dunia”. Berbekal pengalaman
99 tahun di pasar kopi, Kapal Api juga masuk ke segmen kopi premium
dengan mengangkat kopi khas daerah. Karakteristik konsumen di Indonesia dan Negara lain adalah
loyalitasnya
pada kualitas rasa dan aroma kopi yang telah turun -temurun dinikmati bersama keluarga.
Konsisten
dalam rasa, aroma serta inovasi produk menjadi semakin praktis adalah salah satu syarat memenangkan hati konsumen. Inilah kunci sukses Kapal Api
yang sudah bertahun-tahun menjadi pemimpin pasar roast & ground coffee (kopi tubruk) di Malaysia dan sudah eksis di lebih dari 20 negara.
Catatan:
Pelajarilah
kasus “Kopi Kapal Api” diatas dan Anda dianjurkan untuk mencari informasi
tambahan
untuk lebih memahami STRATEGI pemasaran terkait dengan beberapa pertanyaan berikut:
Pertanyaan I:
·
Anda diminta
untuk menjelaskan TAHAPAN DALAM
PROSES BISNIS dan
menganalisis
keberhasilan bisnis “Kopi
Kapal Api” menggunakan Tahapan-tahapan tersebut!
1.
Analisis Kegiatan
Usaha
Dalam
tahapan ini manajemen perusahaan bersama pemilik perusahaan melakukan diskusi
dan analisis tentang kegiatan usaha
yang akan dijalankan oleh perusahaan, misalnya usaha dibidang industri, perdagangan atau jasa. Hal ini
dilakukan agar manajemen mengetahui serta menentukan proses bisnis yang akan
digunakan oleh perusahaan.
2.
Penentuan Proses
Bisnis
Pada
tahapan ini manajemen akan membuat atau menentukan bentuk proses bisnis dari
usaha yang telah dipilih
oleh perusahaan tersebut,
mulai dari proses bisnis tentang
jenis biaya-biaya yang dikeluarkan sampai
dengan proses bisnis
memperoleh pendapatan atau penghasilan.
3.
Pelaksanaan Proses
Bisnis
Tidak
kalah pentingnya dari penentuan proses bisnis dari perusahaan adalah
pelaksanaan proses bisnis itu
sendiri, karena sebagus apapapun suatu proses bisnis tetapi tidak dilaksanakan
tidak akan bermanfaat bagi
perusahaan. Sehingga sangat penting bagi setiap bagian atau divisi dan karyawan perusahaan untuk menjalankan dengan benar
seluruh proses bisnis yang telah dibuat oleh pihak manajemen perusahaan.
4.
Evaluasi Proses
Bisnis
Untuk
mengetahui apakah suatu proses bisnis telah dijalankan oleh semua karyawan
bagian atau divisi dari perusahaan dan apakah proses bisnis tersebut
telah memberikan manfaat
bagi perusahaan, maka
diperlukan suatu evaluasi dari pelaksanaan proses bisnis tersebut. Suatu
evaluasi dapat dilakukan setiap
bulan, setiap tiga bulan, setiap enam bulan atau setiap tahun, tergantung kebijakan manajemen perusahaan. Akan
tetapi suatu evaluasi akan lebih efektif apabila dilakukan setiap bulan. Dengan seringnya melakukan
evaluasi terhadap pelaksanaan proses bisnis, maka akan diperoleh suatu proses
bisnis yang paling
memberikan manfaat bagi perusahaan.
·
Tahapan
mana yang
paling penting menjadi kunci keberhasilan bisnis “Kopi Kapal Api” adalah evaluasi
proses bisnis karena dengan evaluasi perusahaan dapat mengetahun kekuatan dan
kelemahan, serta peluang dan ancamannya baik dari internal maupun eksternal
perusahaan
PERTANYAAN
II
Sukses bisnis “Kopi Kapal Api” tidak terlepas dari
keberhasilannya membangun keunggulan bersaing.
·
Jelaskan apa saja yang menjadi sumber-sumber keunggulan
bersaing bagi perusahaan!:
Jawab:
Menurut Michael E. Porter ada
tiga strategi yang dapat dilakukan perusahaan untuk memperoleh keunggulan bersaing, yaitu keunggulan biaya,
diferensiasi dan fokus.
Ø Strategi Keunggulan
Biaya
Dengan konsep ini
perusahaan bersiap menjadi produsen berbiaya rendah di dalam industrinya.
Sumber keunggulan biaya bervariasi dan bergantung pada struktur industri.
Produsen berbiaya rendah harus menemukan dan mengeksploitasi semua sumber
biaya. Keunggulan/kepemimpinan biaya (cost leadership) menekankan pemroduksian
produk-produk yang distandardisasi dengan biaya yang sangat rendah untuk para
konsumen yang peka terhadap harga.
Ø Strategi
Diferensiasi
Diferensiasi
merupakan upaya untuk membuat pelayanan dan produk kita berbeda dengan yang
lain. Produk dan pelayanan harus memiliki kelebihan atau keistimewaan
tersendiri yang akan menjadi daya tarik atau magnet terhadap konsumen
Ø Strategi Fokus
Strategi generik yang
terakhir adalah fokus, memusatkan pada kelompok pembeli, segmen lini produk,
atau pasar geografis tertentu. Jika strategi biaya rendah dan diferensiasi
ditujukan untuk mencapai sasaran mereka dikeseluruhan industri, maka strategi
fokus dibangun untuk melayani target tertentu secara baik
·
Jika dikaitkan dengan bisnis “ Kopi Kapal Api”,
sumber-sumber keunggulan bersaing apa saja yang dimiliki pelaku usaha sehingga
sukses?
Jawab:
Keunggulan bersaing
kopi kapal api adalah kemampuan kapal api dalam melakukan diferensiasi. Kapal
api menciptakan kreasi baru tanpa melupakan ciri khas nusantara. Kapal api
mampu masuk disegmen premium dengan mengangkat
kopi khas daerah. Karakteristik
konsumen di Indonesia dan Negara lain adalah loyalitasnya pada kualitas rasa dan aroma kopi yang telah turun - temurun dinikmati bersama keluarga. Konsisten dalam rasa, aroma serta inovasi produk menjadi
semakin praktis adalah salah satu syarat memenangkan hati konsumen
PERTANYAAN III
Salah
satu faktor yang menjadi kunci sukses bisnis “Kopi Kapal Api” adalah penentuan
strategi PEMASARAN SASARAN yang tepat
yaitu 1) Segmenting: dari aspek karakteristik; 2) Targeting: pemilihan
segmen pasar. Jelaskan!
Ø Segmenting Pasar Kapal api
Segmenting adalah Upaya memetakan pasar (sasaran program)
dengan memilah-milahkan konsumen sesuai persamaan di antara mereka. Pemilahan
ini bisa berdasarkan usia, tempat tinggal, penghasilan, gaya hidup, atau
bagaimana cara mereka mengkonsumsi produk.
Demografi, penjualan produk kopi Kapal Api ditujukan
untuk para penduduk di negara maju maupun berkembang yang mulai memberikan
perhatian kepada kopi berkualitas tinggi dengan rasa dan aroma yang mantap.
Kopi Kapal Api tidak memberikan perhatian wilayah secara geografik karena dapat
melayani semua pasar.
Untuk mendukung keberadaan kopi Kapal Api banyak menyebar
di pasar-pasar eceran maupun pedagang besar. Konsumen memberikan tanggapan
positif terhadap produk Kapal Api. Terbukti dengan konsumen lebih memilih kopi
Kapal Api daripada kopi lain.
Ø Targeting Kapal Api
Setelah memetakan pasar (sasaran program), tahap
targeting seperti namanya adalah membidik kelompok konsumen mana yang akan kita
sasar.
Yang menjadi target kopi Kapal api adalah pria dan wanita
berusia remaja maupun dewasa, pelajar hingga pekerja. Semua kalangan masyarakat
dapat menikmati kopi Kapal Api mulai dari masyarakat perkotaan sampai pedesaan
juga mulai dari masyarakat berpendapatan tinggi sedang sampai rendah. Mereka
para pecinta kopi terutama para remaja untuk memberikan rasa relax dan biasanya
kopi menjadi teman saat sedang merokok.
Kopi Kapal Api yang biasanya disajikan dalam sektor rumah
tangga saat pagi hari maupun saat hujan untuk menghangatkan diri. Bagi yang
sedang begadang kopi Kapal api menjadi pilihan banyak orang, apalagi dengan
variasi rasa yang beragam menjadikan para penikmat kopi Kapal semakin bertambah
dari berbagai kalangan.
Cafe, warung serta rumah makan juga menyajikan kopi yang
biasanya banyak inovasi olahan kopi, seperti ice cream kopi, kopi durian dan
olahan kopi lainnya.
0 Komentar
Berkomentarlah dengan Sopan dan sesuai Pembahasan