Pengertian Bisnis
Bisnis menurut Hughes dan Kapoor adalah suatu kegiatan usaha individu yang
terorganisasi untuk menghasilkan dan menjual barang dan jasa guna
mendapatkan keuntungan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat.
Istilah
Bisnis ditekankan dalam 3 hal yaitu :
Bisnis Skala
kecil
Bisnis Skala
kecil biasanya dilakukan oleh individu,keluarga atau kelompok kecil tertentu
yang menghasilkan barang atau jasa yagn dikonsumsi langsung dalam jumlah
yang terbatas.
Bisnis skala
Besar
Bisnis Skala
besar adalah bisnis yang dimiliki individu, keluarga, maupun kelompok
tertentu, yagn menghasilkan barang dan jasa dalam jumlah besar dan
distribusi secara luas.
Bisnis dalam
struktur ekonomi Negara
Bisnis dalam
struktur Negara mencakup usaha yang dilakukan oleh pemerintah dan swasta
baik yang mengejar laba maupun yang tidak mengejar laba.
Pengertin
Manajemen
Manajemen
Berasal dari bahasa Inggris “Management”
dengan kata kerja “ to manage”
Yang secara umum berarti mengurusi, mengemudikan, mengelola, menjalankan,
membina, dan memimpin.
GR.Terry menyatakan bahwa manajemen adalah usaha usaha untuk mencapai tujuan yang
telah ditetapkan dengan mempergunakan orang lain.
Unsur Unsur
Dan Fungsi Manajemen
Unsur unsur
yang terdapat dalam manajemen
·
Man (Manusia) Merupakan
unsure yang berperan penting dalam pelaksanaan manajemen. Manusia berfungsi
sebagai perencana,pelaksana, pengaktualisasi, dan pengawas.
·
Dana (Money) Dana
digunakan sebagai Modal pembiayan atas berbagai kepentingan yang
berkaitan dengan tujaun dan hasil yang ingin dicapai.
·
Metode (method) Cara cara
yang bersifat sistematis dalam usaha pencapaian tujuan.
·
Material (Materials) Bahan Bahan yang digunakan untuk mencapai tujuan dan hal seperti apa
yang diinginkan.
·
Mesin (mechine) Mesin Mesin
atau alat alat yang digunakan/diperlukan untuk mencapai tujuan dan
memberikan hasil yagn optimal.
·
Pasar (Market) Tempat untuk
menjual Hasil dari produksi yang berupa barang dan jasa.
Fungsi Manajemen
Perencanaan
Penataan
terlebih dahulu apa yang akan dikerjakan, kapan dikerjakan, dan siapa yang
menggerakannya
Pengorganisasian
Pengelompokan
kegiatan SDM dan sumber daya lainnya agar pelaksanaannya
efektif dan efisien
Penggerakan
Fungsi
Kepemimpinan Yaitu ada oknum yang menggerakan suatu kelompok atau biasa disebut
pemimpin
Pengendalian
Upaya
systematis untuk menetapkan standar prestasi dengan sasaran perencanaan yang
ditetapkan.
Tingkatan Manajer
Tingkatan
yagn umum dikenal dalam manajer yaitu :
·
Manajemen
Lini Pertama
·
Manajemen
Tingkat menengah
·
Manajemen
Puncak
Keterampilan
Manajer
o
Keterampilan
Konseptual
o
Keterampilan
Berhubungan dengan Orang lain
o
Keterampilan
Teknik
Sumber :
Buku Manajemen Bisnis Syariah
0 Komentar
Berkomentarlah dengan Sopan dan sesuai Pembahasan