Jurnal Pendukung
Judul : Pengaruh Kualitas
Produk, Harga, Promosi, dan lokasi untuk Produk Keputusan Pembelian pada Nitchi
Pada PT. Jaya Swarasa Agung di Central Jakarta
Penulis : Baruna
Hadi Brata, Shilvana Husani , Ali Hapzi Ali
Dosen Mercu Buana Universitas, Jakarta Indonesia.
ABSTRAK:
Penelitian
ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh variabel kualitas produk,
harga, promosi, dan lokasi terhadap keputusan pembelian nitchi produk di PT
Jaya Swarasa Agung di Jakarta Pusat baik secara parsial maupun simultan.
Penelitian parametic statistik ini mengadopsi metode yang menggunakan regresi
linier berganda dimana data diolah oleh program SPSS. ukuran sampel adalah 115
pembeli produk nitchi di Supermarket Rezeki sebagai responden. Instrumen yang
digunakan dalam bentuk kuesioner terstruktur dengan skala Likert digunakan
untuk mengumpulkan data yang terdiri dari 23 pertanyaan disusun berdasarkan
indikator dan dimensi yang berasal dari masing-masing variabel. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk, harga, promosi, dan lokasi dalam
mempengaruhi keputusan pembelian, baik secara parsial maupun secara simultan.
Kata kunci:
Kualitas Produk, Harga, Promosi, Lokasi, Keputusan Pembelian.
PENGANTAR
Kualitas
produk merupakan faktor untuk mendukung keputusan pembelian. Suasana kompetisi
dan meningkatnya permintaan konsumen menyebabkan banyak perusahaan yang ingin
mewujudkan keinginannya untuk menghasilkan kualitas produk yang berkualitas
yang dapat bersaing di pasar. Sebuah perusahaan harus mampu melakukan berbagai
upaya dan strategi untuk menguasai posisi pasar, dan berusaha untuk
meningkatkan dan mengembangkan kualitas atau mutu produk. Masyarakat menawarkan
kombinasi produk dan harga bervariasi. Produsen berlomba-lomba menawarkan harga
yang kompetitif, konsumen bebas memilih sesuai dengan kebutuhan dan daya beli.
Satu hal yang mutlak pelanggan inginkan adalah untuk membeli barang-barang
dengan kualitas terbaik dengan harga terendah. Ini adalah tantangan besar bagi
perusahaan. Namun untuk menghasilkan produk yang berkualitas dipengaruhi oleh
beberapa faktor yang akhirnya menentukan tingkat harga. Selain itu salah satu
faktor yang paling penting yang harus diperhatikan oleh setiap perusahaan
kegiatan promosi tentang cara untuk memperkenalkan, menginformasikan atau
mempromosikan produk mereka, sehingga konsumen akan memilih jenis barang dan
jasa, karena tidak peduli seberapa baik kualitas produk , harga mungkin
terjangkau bagi konsumen, dan pengiriman tepat waktu dari produk kepada
konsumen, semua ini bukan jaminan keberhasilan produk di pasar, di mana
perusahaan belum membuat proses penyampaian pesan dan informasi tentang keberadaan
produk serta memperkenalkan kepada konsumen dari barang yang diproduksi dalam
yang tepat, jelas, dan berkesinambungan.
REVIEW LITERATUR DAN
HIPOTESIS
Pemasaran
di sebuah perusahaan memegang peranan yang sangat penting, di mana pemasaran
adalah salah satu kegiatan yang dilakukan untuk mempertahankan kelangsungan
hidup pemasaran perusahaan.Secara publik termasuk aktivitas - aktivitas yang
sangat luas seperti kegiatan penjualan, riset pemasaran, perencanaan saluran
distribusi, perencanaan kebijakan harga , promosi kebijakan, dll Pemasaran juga
merupakan kegiatan perusahaan dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen.
Kualitas
produk adalah kemampuan suatu produk untuk melakukan fungsinya. Kemampuan
termasuk daya tahan, kehandalan, akurasi yang dihasilkan, mudah dioperasikan,
dan perbaikan dan atribut berharga lainnya untuk semua produk .
Harga
adalah salah satu keberhasilan kritis dari perusahaan karena harga menentukan
seberapa besar keuntungan akan diperoleh perusahaan dari penjualan produknya
dalam bentuk barang atau jasa. Menetapkan harga terlalu tinggi akan menyebabkan
penjualan menurun, namun jika harga terlalu rendah akan mengurangi manfaat yang
bisa diperoleh oleh organisasi. Menurut Adisaputro "harga produk merupakan
salah satu unsur dalam bauran pemasaran yang menghasilkan pendapatan penjualan,
sedangkan unsur lain dari bauran yang menghasilkan biaya".
Lokasinya
adalah kesibukan oleh perusahaan untuk mendistribusikan produk-produknya kepada
konsumen yang ditargetkan akan tersedia, dan bahwa tempat dan waktu yang tepat
untuk keputusan tentang lokasi sulit untuk diubah dan untuk penyesuaian
membutuhkan waktu yang lama.
Menurut
Swastha dan Handoko berpendapat bahwa "proses keputusan pembelian dalam
pembelian nyata, apakah akan membeli atau tidak." Menurut Kotler dan
Keller menunjukkan keputusan pembelian konsumen adalah tahap dimana konsumen
ini juga memungkinkan untuk membentuk niat untuk membeli produk yang paling
disukai, di mana keputusan konsumen untuk memodifikasi, menunda, atau menghindari
sangat dipengaruhi oleh risiko yang dirasakan.
KERANGKA
Pemasaran
adalah serangkaian proses dari perencanaan dengan pelaksanaan konsep, penetapan
harga, promosi, dan distribusi sejumlah ide serta barang dan jasa untuk
menciptakan pertukaran yang dapat memuaskan tujuan individu dan organisasi.
manajemen pemasaran adalah salah satu kegiatan utama perusahaan.
Berdasarkan
uraian teoritis dan kerangka teoritis. Selanjutnya hipotesis penelitian yang
diajukan sebagai jawaban sementara terhadap masalah penelitian sebagai berikut:
H1: Pengaruh kualitas
produk terhadap keputusan pembelian
H2: Pengaruh harga
terhadap keputusan pembelian
H3: Pengaruh promosi
terhadap keputusan pembelian
H4: Pengaruh lokasi
terhadap keputusan pembelian
H5: Pengaruh The
kualitas produk, harga, promosi, dan lokasi secara bersamaan pada keputusan
pembelian.
METODE
Desain
penelitian atau juga dikenal sebagai desain penelitian adalah kerangka atau
cetak biru untuk melaksanakan proyek riset pemasaran. desain penelitian merinci
detail dari prosedur yang diperlukan untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan
untuk membangun dan atau memecahkan masalah riset pemasaran [10]. Pendekatan
penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode analisis meliputi, studi pustaka,
wawancara, kuesioner dan dokumentasi. PT. Swarasa Jaya Agung memiliki
supermarket sendiri adalah Supermarket Rezeki. Populasi dalam penelitian ini
adalah pelanggan rezeki supermarket yang membeli produk Nitchi Mei-September
2016. Jika rata-rata harian dari 500 pengunjung yang datang ke Supermarket
Rezeki, maka dapat diasumsikan jumlah dari 75.000 pengunjung Supermarket
pengunjung rezeki. Hasil ini diperoleh dari 500 pengunjung x 5 bulan (dari
bulan Mei sampai September 2015) x 30 hari.
HASIL
Hasil
penelitian ini adalah sebagai berikut:
Berdasarkan
analisis di atas tabel 2 menunjukkan deskripsi dari lima variabel yang diteliti
nilai rata-rata dari jawaban responden yang tertinggi untuk variabel promosi di
4,08 ini menunjukkan bahwa sebagian besar responden memberikan respon yang baik
karena dalam rentang setuju dan sangat setuju. Nilai rata-rata dari
pertanyaan-pertanyaan tentang lokasi variabel 4,07. Rata-rata kelas dari
pertanyaan tentang variabel keputusan pembelian sebesar 4,06. Nilai rata-rata dari
pertanyaan-pertanyaan mengenai harga variabel 3,92. Nilai rata-rata dari
pertanyaan tentang variabel kualitas produk sebesar 3,89.
KESIMPULAN DAN SARAN
Kesimpulan
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang telah dijelaskan pada bab
sebelumnya, dapat disimpulkan sebagai berikut:
•
Kualitas produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk nitchi di PT
Jaya Swarasa Agung di Jakarta Pusat. nilai korelasi atau tingkat hubungan
positif yang kuat. Hal ini menunjukkan semakin baik kualitas produk, hal itu
akan meningkatkan pembelian keputusan menjadi lebih baik. pengaruh ditunjukkan
dengan dimensi bentuk dengan dimensi keputusan pembelian.
•
Harga pengaruh terhadap keputusan pembelian produk Nitchi di PT. Jaya Swarasa
Agung di Jakarta Pusat. Ini menunjukkan semakin banyak diskon, itu akan
meningkatkan pembelian keputusan menjadi lebih baik. pengaruh ditunjukkan
dengan dimensi kesesuaian harga dengan dimensi perilaku pasca pembelian.
• Promosi mempengaruhi keputusan untuk membeli
produk nitchi di PT Jaya Swarasa Agung di Jakarta Pusat. Nilai korelasi atau
tingkat tinggi hubungan yang positif. Hal ini menunjukkan promosi yang lebih
baik dan lebih berat dilakukan, itu akan memperbaiki keputusan pembelian
menjadi lebih baik. Pengaruh ini ditunjukkan dengan dimensi public relations
dengan dimensi evaluasi alternatif.
•
Promosi pengaruh pada keputusan pembelian nitchi produk di PT. Jaya Swarasa
Agung di Jakarta Pusat. nilai korelasi atau tingkat tinggi korelasi positif.
Hal ini menunjukkan lokasi yang lebih baik untuk produk pengantar, itu akan
meningkatkan keputusan pembelian menjadi lebih baik. pengaruh ditunjukkan
dengan dimensi lingkungan dengan dimensi keputusan pembelian.
•
Kualitas produk, harga, promosi dan lokasi secara bersamaan mempengaruhi keputusan
pembelian produk nitchi di PT Jaya Swarasa Agung di Jakarta Pusat. Positif
nilai koefisien korelasi dengan interpretasi yang kuat tingkat hubungan. Oleh
karena itu, jika kualitas produk, harga, promosi dan lokasi yang lebih baik,
itu akan dapat meningkatkan keputusan pembelian untuk menjadi lebih baik pula.
Saran
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dan kesimpulan yang telah
dijelaskan sebelumnya, penulis mengajukan beberapa saran yang dapat digunakan
sebagai masukan bagi PT Jaya Swarasa Agung di Jakarta Pusat diharapkan dapat
digunakan sebagai masukan dalam meningkatkan keputusan pembelian produk mereka
dengan konsumen. Sebagai penulis mengajukan beberapa saran yang adalah sebagai
berikut:
•
Dari lima variabel yang diteliti, tampak bahwa promosi lebih dominan terhadap
keputusan pembelian, karena itu pimpinan PT. Jaya Swarasa Agung dapat
meninggkatkan Swarasa promosi kegiatan karena promosi merupakan kegiatan yang
dilakukan untuk memberikan informasi tentang produk atau layanan yang diberikan
oleh produsen, yang dapat mengontrol dan mempengaruhi respon atau tanggapan
dari konsumen dari produk tersebut sehingga konsumen dapat membedakan produk
dari produk pesaing.
•
Manajemen PT. Jaya Swarasa Agung dapat lebih meningkatkan kualitas produk karena
kualitas produk adalah kemampuan suatu produk untuk memberikan hasil kinerja
yang sesuai atau bahkan melebihi apa yang pelanggan keren. Peningkatan kualitas
produk yang bentuk produk meliputi ukuran, bentuk, atau struktur fisik dari
produk sehingga konsumen dapat menilai kualitas produk dan keputusan untuk
membeli produk tersebut akan meningkat.
•
Pemimpin PT. Jaya Swarasa Agung diharapkan untuk melakukan perbaikan pada
dimensi persepsi kualitas. Itu kesan kualitas (perceived quality) merupakan
hasil dari penggunaan pengukuran yang dilakukan secara tidak langsung karena
ada kemungkinan bahwa konsumen tidak mengerti atau kurangnya informasi tentang
produk prihatin. Informasi yang diterima oleh konsumen harus jelas sehingga
kesan disampaikan bahwa kualitas dapat meninggkatkan keputusan pembelian
produk.
0 Komentar
Berkomentarlah dengan Sopan dan sesuai Pembahasan