Daftar Isi
Kata Pengantar........................................................................................................ i
Daftar Isi.................................................................................................................. ii
Bab1
Pendahuluan
1.1 Latar Belakang................................................................................................... 1
1.2 Rumusan Masalah.............................................................................................. 1
1.3 Manfaat.............................................................................................................. 1
Bab
II Tinjauan Pustaka
2.1 Pengertian Pasar Dan Pemasaran....................................................................... 2
Bab
III Pembahasan
3.1 Visi, Misi dan Tujuan PT Unilever
Indonesia Tbk............................................ 4
3.2 Analisis
Pasar PT. Unilever Indonesia Tbk....................................................... 5
3.3 Marketing Mix PT Unilever Tbk........................................................................ 6
3.4 Strategi Pemasaran PT Unilever Tbk................................................................. 7
Bab
IV Penutup
4.1 Kesimpulan........................................................................................................ 8
4.2 Saran.................................................................................................................. 8
Daftar
Pustaka
BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
PT. Unilever Indonesia Tbk adalah Perusahaan
multinasional yang memasarkan berbagai barang konsumen di berbagai negara untuk
memenuhi kebutuhan akan nutrisi, kesehatan dan perawatan pribadi sehari-hari
dengan produk-produk yang membuat para pemakainya merasa nyaman, berpenampilan
baik dan lebih menikmati kehidupan.
Di dalam menghadapi persaingan antar
perusahaan, PT. Unilever Indonesia Tbk sudah menyiapkan strategi dan taktik
dalam menghadapi persaingan-persaingan antar perusahaan. Mengingat banyaknya
pesaing yang berkiprah di dunia internasional, maka sangat diperlukan adanya
strategi yang sangat jitu dari perusahaan yang mampu mengangkat namanya di
benak para konsumen di berbagai Negara. Dalam hal ini, kami akan menganalisis
beberapa point penting dari PT. Unilever tentang strategi yang digunakan dalam
segi aspek pemasaran.
1.2 Rumusan
Masalah
Dalam Membahas Aspek pasar dan Pemasaran PT unilever maka tidak terlepas dari Segmentasi pasar, marketing mix dan analisis
pasar. Dalam kaitannya dengan latar belakang diatas maka dapat di rumusakan
masalah sebagai berikut.
1.
Visi
dan misi dan Tujuan PT Unilever IndonesiaTbk.?
2.
Menjelaskan
Analisis Pasar PT Unilever Indonesia Tbk?
3.
Bagaimana
Strategi Marketing Mix PT Unilever Indonesia Tbk.
4.
Bagaimana
Strategi Pasar PT Unilever?
1.3 Manfaat
Ada beberapa manfaat dalam penyusunan karya tulis ilmiah ini yaitu:
1. Mengetahui Visi dan misi dan Tujuan PT
Unilever Indonesia Tbk.
2. Mengetahui Analisis Pasar PT Unilever
Indonesia Tbk
3. Memahami Strategi Marketing Mix PT Unilever Indonesia
Tbk
4.
Memahami
Strategi Pemasaran PT Unilever
BAB II
TINJAUAN PUSTAKA
2.1 Pengertian Aspek Pasar dan Pemasaran
a) Pasar
Salah seorang ahli pemasaran Stanton,
mengemukakan pengertian yang lain
tentang pasar, yaitu merupakan kumpulan orang-orang yang mempunyai keinginan untuk puas, uang
untuk belanja, dan kemauan untuk membelanjakannya.
Jadi, ada tiga faktor utama yang menunjang terjadinya pasar, yaitu orang dengan
segala keinginannya, daya belinya, serta
tingkah laku dalam pembelianya.
Pada pokoknya, pasar dapat dikelompokkan ke
dalam empat golongan, yaitu:
1.
Pasar
Konsumen
2.
Pasar
industri
3.
Pasar
Penjual
4.
Pasar
pemerintah
Kasmir (2003) menyebutkan bahwa dalam aspek
pasar dan pemasaran ini harus terlebih dahulu mengetahui peluang pasar dann analisis
pesaing untuk menentukan kedudukan usaha yang akan dibuat, kemudian baru ditentukan
strategi pemasaran.
b) Pemasaran
Pengertian pemasaran seperti yang di
kemukakan oleh Philip Kotler adalah suatu proses sosial dan menejerial dengan
mana individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan
dengan cara menciptakan serta mempertukarkan produk dan nilai dengan pihak
lain.
Pemasaran dapat pula diartikan sebagai
upaya untuk menciptakan dan menjual produk kepada berbagai pihak dengan maksud
tertentu. Pemasaran berusaha menciptakan dan mempertukarkan produk baik barang
maupun jasa kepada konsumen dipasar. Penciptaan produk tentu saja didasarkan
kepada kebutuhan dan keinginan pasar. Dalam Menjalankan aktivitas pemasaran
maka perusahaan harus meperhatikan yaitu:
1. Pasar sasaran adalah sekelompok
pembeli yang mempunyai sifatsifat yang sama yang membuat pasar itu berdiri
sendiri. Adanya sekelompok orang dengan ciri-ciri yang sama belumlah berarti
mereka membentuk pasar sasaran. Hanya bila mereka mempunyai ciri-ciri yang sama
sebagai pembeli, maka barulah berarti mereka membentuk suatu pasar sasaran.
2. Segmentasi pasar. Segmentasi pasar
adalah proses dimana pasar dibagi menjadi para pelanggan yang terdiri atas
orang-orang dengan berbagai kebutuhan dan karakteristik yang sama yang
mengarahkan mereka untuk merespon tawaran produk atau jasa dan program
pemasaran strategis tertentu dalam cara yang sama.
3. Marketing Mix. Kotler dan Amstrong
(2012 : 52) menjelaskan ada empat komponen yang tercakup dalam kegiatan bauran
pemasaran (marketing mix) yang terkenal dengan sebutan 4P diantaranya sebagai
berikut :
·
Produk
merupakan kombinasi penawaran barang dan jasa perusahaan kepada pasar, yang
mencakup antara lain kualitas, rancangan, bentuk, merek dan kemasan produk.
·
|
·
Place
adalah tempat strategis yang mendukung aktivitas pemasaran dan produksi.
·
Promosi
adalah Aktivitas yang dilakukan perusahaan untuk mengkomunikasikan keunggulan
produk dan membujuk pelanggan sasaran untuk membelinya.
|
BAB III
PEMBAHASAN
2.1
Visi, Misi dan Tujuan PT Unilever Indonesia
Tbk.
a.
Visi
Untuk meraih rasa cinta dan
penghargaan dari Indonesia dengan menyentuh kehidupan setiap orang Indonesia
setiap harinya.
b.
Misi
· Kami bekerja untuk menciptakan masa
depan yang lebih baik setiap hari.
· Kami membantu konsumen merasa nyaman,
berpenampilan baik dan lebih menikmati hidup melalui brand dan layanan yang
baik bagi mereka dan orang lain.
· Kami menginspirasi masyarakat untuk
melakukan langkah kecil setiap harinya yang bila digabungkan bisa mewujudkan
perubahan besar bagi dunia.
· Kami senantiasa mengembangkan cara
baru dalam berbisnis yang memungkinkan kami tumbuh dua kali lipat sambal
mengurangi dampak terhadap lingkungan, dan meningkatkan dampak sosial
c.
Tujuan
Tujuan Perusahaan kami menyatakan
bahwa untuk bisa sukses perlu "standar perilaku perusahaan tertinggi
terhadap siapa saja yang bekerja dengan kami, masyarakat yang terlibat dengan
kami, dan lingkungan yang menerima dampak dari kami.
2.2 Analisis Pasar PT. Unilever Indonesia Tbk
Analisis situasi pasar bisa disebut
dengan lingkungan eksternal yang mempengaruhi produksi dari produk yang
dikeluarkan oleh PT. Unilever Indonesia Tbk. Analisi situasi pasarnya seperti :
a)
Customer
Kita dapat melihat pengaruh selera masyarakat
terhadap produk yang dihasilkan oleh PT. Unilever Indonesia Tbk. Produk
Unilever sangat banyak dan diminati dikalangan Masyarakat.
b)
Distributor (Penyalur)
Melihat begitu pentingnya peranan
distributor dalam penyebaran produk yang dihasilkannya, PT. Unilever Indonesia
Tbk membentuk dan menjalin jaringan distribusi yang sangat baik (versi majalah
Businessweek). Salah satu caranya, PT. Unilever Indonesia Tbk mengeluarkan
program promosi bagi para distributor yang membuat display (tampilan) dari produk
Unilever yang baik di tempatnya berdagang. Penjual yang membuat display yang
baik terhadap produk Unilever akan diberikan hadiah berupa uang tunai.
Penerapan dari hal ini dapat kita lihat dengan jelas dalam produk Sunsilk yang
termasuk dalam produk yang dihasilkan PT. Unilever Indonesia Tbk.
c)
Unions (Kemitraan)
|
|
d)
Competitors (Pesaing)
PT. Unilever Indonesia Tbk
mengeluarkan sebuah produk sabun mandi yang khusus pada jenis sabun mandi
kesehatan. Produk tersebut diberi nama Lifebuoy. Di pasar, tidak hanya PT.
Unilever Indonesia Tbk saja yang menghasilkan produk sabun mandi kesehatan. Ada
beberapa perusahaan yang bergerak pula dalam produk sabun mandi kesehatan
seperti Nuvo dan Dettol. Karena persaingan dalam pasar itulah yang membuat PT.
Unilever Indonesia Tbk dengan Lifebuoy-nya lebih memfokuskan produknya pada
jenis konsumen yaitu keluarga dengan memproklamirkan Lifebuoy-nya sebagai sabun
mandi kesehatan keluarga. Selain melirik keluarga sebagai target pemasaran
produknya, PT. Unilever Indonesia Tbk juga mengeluarkan program sosial
masyarakat yaitu “Kampanye Cuci Tangan dengan Sabun” yang sekaligus sebagai
ajang promosi bagi Lifebuoy.
e)
Government (Pemerintahan)
PT. Unilever Indonesia Tbk melahirkan
trashion sebagai bagian dari program ‘Green and Clean’. Di dalam program ini,
PT. Unilever Indonesia Tbk melibatkan sekitar 344 ibu rumah tangga yang
tergabung dalam Komunitas Ibu Bersinar Sunlight untuk berperan serta dalam
pembuatan tas daur ulang darisampah plastik bekas kemasan produk yang lebih
dikenal dengan trashion.Komunitas yang telah membentuk 35 sentra ini tersebar
di beberapa kota yaitu Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, dan Makassar. Program ini
merupakan bentuk tanggung jawab sosial perusahaan yang sejalan dengan
Undang-undang no 18 tahun 2008 tentang pengelolaan Sampah yang mewajibkan
pelaku usaha untuk bertanggungjawab dalam mengelola sampah yang berasal dari
produk dan atau kemasan yang dibuat.
f)
Suppliers (pemasok)
Salah satu produk teh dari PT.
Unilever Indonesia Tbk yaitu Sariwangi baru saja meluncurkan pruduk terbarunya
yaitu Sariwangi Gold Selection. Produk ini adalah produk yang memenuhi
keinginan para kalangan premium. Untuk
produk terbarunya itu, PT. Unilever Indonesia Tbk mencari supplier lain
dimana pasokan bahan bakunya memiliki karakteristik yang sesuai dengan
karakteristik produk terbarunya
tersebut. Karena itulah supplier dari produk Sariwangi regular berbeda dengan
supplier dari produk Sariwangi Gold Selection. Kualitas supplier akan sangat
berpengaruh pada kualitas produk tersebut. Sehingga PT. Unilever Indonesia Tbk
sangat berhati-hati dalam pemilihan supplier.
3.3
Marketing Mix Pasar PT. Unilever
Indonesia Tbk.
a. Produk
Unilever adalah produsen merk-merk
terkenal di seluruh dunia yang juga terkenal di tingkat regional dan lokal,
antara lain Pepsodent, Lifebuoy, Lux, Dove, Sunsilk, Clear, Rexona, Rinso,
Molto, Ponds, Blue Band, Royco, Sariwangi, Bango, Taro dan masih banyak lagi. Posisi
Unilever yang kuat sebagai pemimpin pasar telah diakui melalui berbagai
penghargaan nasional dan regional yang diterima oleh perusahaan. PT. Unilever
Indonesia, Tbk melalui brand-brand-nya kembali membuktikan keunggulannya dengan
meraih peringkat dalam ”Packaging Consumer Branding Award 2005” yang
diselenggarakan oleh Indonesia Brand Identity Summit (IBS) bekerjasama dengan
majalah SWA dan MIX.
|
Home and Personal Care
a. Home Fabric : Rinso dan Surf
b. Fabric Conditioners : Molto
c. Personal Wash : Lux, Dove
dan Lifebuoy
d. Household Care : Superpell,
CIF, Wipol, Vixal dan Domestos Nomos
e. Hair Care : Clear, Sunsilk,
Lifebuoy dan Dove
f. Oral Care : Pepsodent dan
Close Up
g. Mass Skin and Deodorant :
Pond’s, Citra, Vaseline, Dove, Axe dan Rexona
Food and Beverages
a. Spread and Cooking Product :
BlueBand
b. Cooking Aids : Royco dan
Bango
c. Beverages : Sariwangi,
Lipton Ice Tea dan Buavita
d. Ice Cream : Wall’s, Buavita
dan Vienetta
b.
Price
Dalam memasarkan produknya PT unilever
melakukan penetrasi harga yang produk yang murah dengan kualitas produk yang
berkualitas. Dengan strategi pemasaran ini PT Unilever berhasil menguasai
sebagian besar pangsa pasar kebutuhan rumah tangga di Indonesia.
c.
Promotion
Promosi merupakan berbagai kegiatan yang dilakukan perusahaan untuk
mengkonsumsi manfaat produknya dan meyakinkan konsumen agar mau melakukan
tindakan pembelian. Biasanya promosi yang dilakukan PT. Unilever Indonesia
melalui pengiklan di televisi, event-event, dll.
Strategi promosi PT. Unilever Indonesia Tbk adalah sebagai berikut :
· Periklanan →semua bentuk penyajian
nonpersonal dan promosi ide, barang atau jasa yang dibayar oleh suatu sponsor
tertentu.
· Promosi Penjualan → Berbagai insentif
jangka pendek untuk mendorong keinginan mencoba atau membeli suatu produk atau
jasa.
· Hubungan Masyarakat dan Publisitas →
berbagai program untuk mempromosikan dan atau melindungi citra perusahaan atau
produk individualnya.
· Penjualan Secara Pribadi → interaksi
langsung dengan satu calon pembeli atau lebih untuk melakukan presentasi,
menjawab pertanyaan, dan menerima pesan
· Pemasaran Langsung → penggunaan surat,
telepon, faksimili, e-mail, dan alat penghubung non personal lain untuk
berkomunikasi secara langsung dengan atau mendapatkan tanggapan langsung dari
pelanggan tertentu dan calon pelanggan.
3.4 Strategi Bersaing PT Unilever
|
Ada beberapa cara jitu yang di lakukan perusahaan ini agar dapat
tetap bersaing di tengah ketatnya pasar:
1.
Differensiasi Produk
Pada Differensiasi produk Unilever mempunyai strategi winning with
brand and innovation, kuncinya adalah pengembangan produk baru dan tepat guna,
terutama pada kategori hair, male grooming, home and personal, serta food and
beverages di tahun lalu. Di samping factor keunikan produk, perusahaan yang
memiliki keunggulan bersaing juga menerapkan strategi marketing mix
yangmeliputi harga yang mampu bersaing, tempat atau lokasi strategis, dan
promosi yang memadai.Simpulan yang dapat ditarik dari konsep keunggulan
bersaing melalui diferensiasi produk adalah bagaimana perusahaan dapat
menciptakan produk unik yang memberikan tingkat keuntungan diatas rata-rata
yang mampu diraih oleh industri melalui kombinasi manusia, lingkungan, dan
proses. Produk Unilever terus memperkenalkan kemasan-kemasan yang terbaru,
tetapi Unilever tetap mempertahankan kualitas produknya. Baik itu kemasan yang
botol kaca, sachet, botol kecil dan masih banyak lagi kemasannya.
2.
Kepemimpinan Harga Rendah
PT Unilever melakukan penetrasi harga yang cukup rendah namun
produknya memiliki kualitas bagus, hal inilah yang membuat Unilever dengan
mudah memasuki pangsa pasar yang ada diIndonesia
3.
Berfokus Pada Peluang Pasar
Produk Unilever menggunakan sistem informasi pelanggan yang
berbeda dengan yang lain, produk masuk kedalam pasar dengan cara mempromosikan
barang-barangnya dengan cara terjun langsung ke masyarakat dengan bukti-bukti
kualitas secara real, misalnya dengan diadakannya perlombaan-perlombaan kepada
masyarakat perbandingan antara produk Unilever dengan produk-produk pesaing
lainnya.
4.
Menguatkan Keakraban
dengan Pelanggan dan Pemasok
Menggunakan sistem informasi untuk memfasilitasi akses langsung
dari pemasok terhadap jadwal produksi dan bahkan mengizinkan pemasok untuk
memutuskan bagaimana dan kapan mengirim pasokan kepada pemasok. Selain itu
Unilever juga melakukan tanya jawab konsumen dan membuat suara konsumen tempat
para konsumen mengeluh dalam PT.Unilever Indonesia, promosi yang dilakukan
paling banyak melalui media elektronik. Namun dalam kehidupan sehari-hari
promosi yang dilakukan PT. Unilever Indonesia tidak hanya lewat media
elektronik tetapi banyak juga melalui media cetak,sponsorship, mengadakan
event-event.
|
BAB IV
PENUTUP
4.1
Kesimpulan
PT Unilever Tbk. Merupakan berusahaan
besar yang sangat berpengaruh di internasional. Salah satu visi PT unilever di
Indonesia adalah “Untuk meraih rasa cinta
dan penghargaan dari Indonesia dengan menyentuh kehidupan setiap orang
Indonesia setiap harinya”. Dalam
melakukan segmentasi pasar PT Unilever Berusaha menyentuh semua kalangan
masyarakat dan pemenuhan kebutuhan masyarakat.
PT. Unilever Indonesia, Tbk melalui
brand-brand-nya kembali membuktikan keunggulannya dengan meraih peringkat dalam
”Packaging Consumer Branding Award 2005” yang diselenggarakan oleh Indonesia
Brand Identity Summit (IBS) bekerjasama dengan majalah SWA dan MIX.
4.2
Saran
Strategi aspek pasar dan pemasaran PT
Unilever Tbk sangat bagus, hampir semua produk unilever menyentuh kehidupan masyarakat
Indonesia. Dengan melakukan penetrasi harga yang murah namun berkualitas
unilever berhasil menguasai pangsa pasar yang ada diindonesia. Dari strategi
unilever ini kita dapat belajar strategi pemasaran yang baik.
Daftar Pustaka
Agus Suprapto. 2013. Analisis
Aspek Pasar Dan Pemasaran Pendirian Industri Dodol Salak Skala Kecil Di
Kabupaten Banjarnegara. Dosen Akademi Pertanian HKTI Banyumas (Vol. XV No.
1 Juni 2013 : 60 – 68)
AnnualReport.2018.https://www.idx.co.id/Portals/0/StaticData/ListedCompanies/Corporate_Actions/New_Info_JSX/Jenis_Informasi/01_Laporan_Keuangan/04_Annual%20Report//2018/UNVR/UNVR_Annual%20Report_2018_IND.pdf
Surmina.2018. https://rusminah23.wordpress.com/2016/04/26/aspek-pasar-dan-pemasaran/.
Mohamad Emir Wibowo , Dkk. 2018. Strategi
Pemasaran Produk Sosis Siap Makan (Studi Kasus: PT Primafood Internasional ).
Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Institut Pertanian Bogor (29-38)
Clarysha. 2018. http://claryshagraceya.blogspot.com/2017/11/aspek-pemasaran-pt-unilever-indonesia.html
Rizik.2018.https://www.academia.edu/13256946/Analisis_Lingkungan_Bisnis_PT._Unilever
0 Komentar
Berkomentarlah dengan Sopan dan sesuai Pembahasan