DAFTAR ISI
Kata pengantar....................................................................................................................................... i
Daftar Isi................................................................................................................................................ ii
BAB
I PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang............................................................................................................................... 1
1.2
Rumusan Masalah.......................................................................................................................... 2
1.3
Tujuan............................................................................................................................................. 2
1.3
Manfaat.......................................................................................................................................... 2
BAB
II PEMBAHASAN
2.1Pengertian
Manajemen Operasional................................................................................................ 3
2.2
Era Digital...................................................................................................................................... 5
2.2
Peranan manajemen operasional diera digital................................................................................. 5
2.2
Tantangan Manajemen operasi di era digital.................................................................................. 5
BAB
III PENUTUP
3.1
Kesimpulan..................................................................................................................................... 6
3.1Saran................................................................................................................................................ 6
DAFTAR
PUSTAKA
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang
Memasuki Perkembangan
era industri yang semakin pesat pada saat ini, meninmbulkan suatu persaingan
sangat ketat antar perusahaan yang ada di dunia. Untuk menghadapi hal tersebut
segala upaya dilakukan untuk menjadi yang terbaik. Proses manajemen yang baik merupakan
kunci kesuksesan industri saat ini baik
pada manajemen produksi, manajemen pemasaran, manajemen sumber daya
manusia dan manajemen keuangan. Manajemen operasi adalah satu fungsi manajemen
yang sangat penting bagi sebuah organisasi atau perusahaan. Manajemen Operasional
sangat berkebangan pesat hal ini diakibatkan karna banyaknya lahir inovasi pada teknologi yang
diterapkan dalam praktik bisnis.
Oleh sebab itu perusahaan
perusahaan di dunia mulai melirik dan berusahaa menjadikan aspek-aspek dalam
manajemen operasional sebagai salah satu senjata strategis untuk bersaing dan
mengungguli kompetitornya. Dalam kewirausahaan, manajemen operasional pun diperlukan
untuk menciptakan prodok baru dan melakukan inovasi produk untuk menjadi lebih
baik lagi. Seiring dengan berkemabangnya industri yang semakin maju perusahaan
juga dituntut untuk selalu memberikan
kualitas yang terbaik dalam produk dan jasa yang dihasilkan tetapi tidak mengesampingkan
dampak produksi terhadap lingkungan yang terjadi dari segala aktivitas
perusahaan.
1.2 Rumusan
Masalah
Dari latar belakang diatas maka dapat memunculkan rumusan masalah
sebagai berikut.
1)
Apa
yang dimaksud dengan manajemen operasi?
2)
Bagaimana
peranan manajemen operasional di era digital?
3)
Bagaimana
tantangan manajemen Operasional diera digital
1.3 Tujuan
Dari rumusan masalah diatas maka tujuan pembahasan makalah tersebut
sebagai berikut.
1)
Mengetahui
pengertian manajemen operasi
2)
Mengetahui
peranan manajemen operasional di era digital
3)
Mengetahui
tantangan manajemen Operasional diera digital
1.4 Manfaat
Makalah ini dapat bermanfaat secara spesifik kepada pembaca, sehingga
dapat memberikan pengetahun dan informasi kepada pembaca.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Pengertian Manajemen Operasional
Manajemen berasal dari kata to manage berarti mengatur. Mengatur dapat dilakukan
melalui proses dan diatur berdasarkan urutan dari fungsi-fungsi manajemen yang terdapat dalam manajemen itu
sendiri. Dengan demikian, manajemen merupakan suatu proses untuk sarana
pencaian tujuan organisasi yang diinginkan perusahaan.
Lalu Sumayang (2003) manyatakan bahwa manajemen operasi ialah suatu
proses Pengolahan atau konversi dari sumber-sumber daya (input) diubah menjadi
barang atau jasa (output) melalui proses.
Berdasarkan dari bebearapa pengertian tersebut, penulis mengambil
kesimpulan bahwa manajemen operasi merupakan suatu proses untuk
menciptakan barang, jasa, atau kegiatan yang mengubah bentuk dengan cara
menciptakan atau menambah nilai manfaat suatu barang dan jasa yang akan
digunakan dalam memenuhi kebutuhan manusia, serta berusaha untuk menyeimbangkan
biaya dengan pendapatan untuk mencapai laba operasi yang lebih tinggi.
Peran manajemen memiliki posisi yang sangat penting, baik manajemen
produksi, pemasaran, sumber daya manusia maupun keuangan. Selain itu, manajemen
operasi merupakan sala satu fungsi manajemen yang penting bagi sebuah organisasi. Manajemen operasi merupakan lingkup atau
bidang manajemen yang berfokus pada proses produksi barang dan jasa, serta
memastikan operasi bisnis berlangsung secara efektif dan efesien. Seorang
manajer operasi bertanggung jawab mengelola proses pengubahan input (dalam
bentuk material, tenaga kerja, dan energi) menjadi output (dalam bentuk barang
dan jasa).
Dalam menjalankan fungsi operasi, membutuhakan serangkaian aktivitas
yang termasuk kedalam sebuah sistem. Manajemen operasional terdiri atas 4 (empat) macam fungsi
operasional :
1.
Fungsi
proses, yang bersifat teknis, diantaranya berupa metode yang digunakan
dalam pengolahan bahan
2.
Fungsi
pengorganisasian tekhnik serta metode pengelompokan proses produksi agar bisa
berjalan dengan efektif dan efisien
3.
Fungsi
perencanaan bahan, termasuk penetapan kualitas dan kuantitas bahan baku agar
output maksimal.
4.
Fungsi pengawasan
dan pengendalian terhadap penggunaan bahan untuk proses produksi.
5.
2.2 Era Digital
Era digital marupakan
suatu zaman dimana hampir seluruh bidang dalam setiap sendi sendi kehidupan dipermudah
dengan teknologi digital. Hal ini dapat
di artikan sebagai kemunculan teknologi digital yang menggantikan
teknologi-teknologi yang sebelumnya sudah digunakan (mekanik dan elektronik
analog) oleh manusia.
Perkembangan teknologi ke arah serba
digital saat ini semakin pesat.
Pada Perkembangan era
digital seperti ini, manusia secara umum memiliki gaya hidup baru dan memiliki
ketergantungan terhadap perangkat yang serba elektronik. Teknologi telah dapat berguna
bagi manusia untuk mempermudah melakukan suatu pekerjaan. Peran penting
teknologi inilah yang membawa peradaban manusia memasuki era digital. Era
digital telah membawa berbagai perubahan yang baik sebagai dampak positif yang
bisa gunakan sebaik-baiknya.
2.2 Peranan manajemen operasional di era digital
Seiring dengan
perkembangan digital tentu menuntut manajemen opersioan untuk tetap eksis dan
inovatif, sehingga suatu perusahaan yang dikelolanya terus mengalami
peningkatan peroformance. Manajemen Operasioanl sangat berperan dalam sistem
informasi karena memiliki sasaran :
·
Mengidentifikasikan dan mengamati teknis
teknis dan tren dari suatu organisasi yang nantinya akan menggunakan teknologi
untuk meningkatkan tingkat kerja organisasi.
·
Mengembangkan kerangka kerja organisasi
berbasis sisitem informasi untuk
meningkatkan kinerja organisasi organisasi seperti business computing,
telecomunication, specialized office product,general office product.
·
Meningkatkan efektvitas dan efisiensi produksi
(produktivitas)
·
Meningkatkan fleksibilitas pabrik dalam
melakukan produksi
·
Meningkatkan kualitas produk (output)
·
Menciptakan siklus produk yang singkat
dan dapat menampung kapasitas produksi yang mampu memenuhi
kebutuhan konsumen.
Dalam peranan tersebut manajemen
operasional diharapkan memiliki misi yaitu untuk meningkatkan performance organisasi. Selain itu
manajemen operasioanal memiliki kemampuan dalam memanfaatkan peluang perusahaan
yang akan menjadikan seorang manajer operasioanal mendapatkan kepercayaan dari
anggotanya dan atasannya, sehingga akan menghasilkan suatu pimpinan yang
berkualitas manajer investasi yang akan memajukan sebuah Organisasi. Dengan
demikian manajemen perlu diterapkan dalam kehidupan kita. Karena dengan adanya
proses manajemen segala hal menjadi efektif dan efisien dalamsuatu organisasi.
2.3 Tantangan Manajemen Operasional di Era Digital
Pada era digital
persaingan perusahaan atau organisasi buka hanya sebatas wilayah domestic
tetapi juga di intervensi oleh perusahaan multi nasional. Selain itu, salah
satu yang menentukan adalah factor tawar menawar pembeli. Faktor kekuatan tawar
menawar dari para pembeli dan pemasok lokal ataupun global, merupakan ancaman
yang tidak bisa diabaikan, dengan adanya produk-produk pengganti yang
dapat datang dari mana saja. Kemudian dengan munculnya teknologi informasi yang
menyebabkan lahirnya perusahaan-perusahaan digital, maka tingkat persaingan
antar sesama perusahaan menjadi semakin berat dan ketat.
Ada Lima tantangan
sekaligus peluang perusahaan di era sigital tersebut adalah yaitu:
·
Konvergensi media tradisional dan
digital.
·
Bentuk komunikasi interaktif dan
·
Informasi sekarang mengalir dengan cepat
dan gratis.
·
Segala sesuatu didukung oleh teknologi
dan
·
Kecepatan perubahan dan kecepatan
respons.
BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Manajemen operasi merupakan suatu proses untuk menciptakan barang,
jasa, atau kegiatan yang mengubah bentuk dengan cara menciptakan atau menambah
manfaat suatu barang atau jasa yang akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan
manusia, serta berusaha untuk menyeimbangkan biaya dengan pendapatan untuk
mencapai laba operasi yang lebih tinggi.
Manajemen Operasioanl sangat
berperan dalam sistem informasi karena memiliki sasaran :
·
Mengidentifikasikan dan mengamati teknis
teknis dan tren dari suatu organisasi yang nantinya akan menggunakan teknologi
untuk meningkatkan tingkat kerja organisasi.
·
Mengembangkan kerangka kerja organisasi
berbasis sisitem informasi untuk
meningkatkan kinerja organisasi organisasi seperti business computing,
telecomunication, specialized office product,general office product.
·
Meningkatkan efektvitas dan efisiensi produksi
(produktivitas)
·
Meningkatkan fleksibilitas pabrik dalam
melakukan produksi
·
Meningkatkan kualitas produk (output)
·
Menciptakan waktu tunggu yang cukup
singkat & kapasitas produksi yang mampu memenuhi kebutuhan
konsumen.
3.2 Saran
Dimasa
persaingan Global seperti sekarang ini perkembangan digital semakin membahana.
Hal tersebut membuat perusahaan harus invatif dalam meracang produknya.
DAFTAR PUSTAKA
Rusdiana
dan Ali Ramdhani. 2014. Manajemen operasi. Penerbit CV Pustaka Setia Bandung
Web:
https://divedigital.id/apa-itu-era-digital/
http://dyiah17.blogspot.com/2017/11/manajemen-operasional-di-era-digital.html
https://imcnews.id/lima-tantangan-perusahaan-di-era-digital
0 Komentar
Berkomentarlah dengan Sopan dan sesuai Pembahasan