Prinsip Prinsip Organisasi Secara Umum dan Menurut Para Ahli secara Lengkap
Januari 18, 2019
Prinsip Prinsip Organisasi
Sebuah organisasi apapun bentuknya, sepanjang kehidupannya akan menghadapi berbagai masalah. Hal ini disebabkan organisasi terdiri dari banyak orang yang masing masing memiliki kepentingan yang berbeda beda, sehingga potensi terjadi konflik dan permasalahan sangat tinggi.
Organisasi
hidup tidak hanya dalam lingkungan Hampa, melainkan berada di tengah tengah
lingkungan yang terus berubah bahkan semakin hari perubahan tersebut semakin
cepat.
Agar organisasi dapat berjalan secara efektif dan efisien dalam situasi yang dinamis dan masalah yang bermunculan, maka organisasi harus melaksanakan prinsip prinsip organisasi.
Istilah
“prinsip” diartikan sebagai cara berpikir atau cara bertindak. Dengan demikian
prinsip prinsip organisasi adalah hal hal yang harus dipedomani oleh organisasi dalam menjalankan kegiatan dalam rangka pencapaian tujuan. Prinsip prinsip organisasi menawarkan
petunjuk unutk menciptakan sebuah organisasi agar efektif dan efisien dalam
situasi yang dinamis dan kompleks
Berikut prinsip prinsip organisasi secara Umum
- Prinsip Perumusan Tujuan
Setiap
organisasi yang berdiri tentu memiliki tujuan, Misalnya seperti tujuan untuk pemerintahan,
badan usaha maupun oranisasi kemanusiaan. Sebelum organisasi berdiri tentu
harus dilakukan perumusan tujuan organisasi. Dalam melaksanakan kegiatannya
organisasi harus berjalan sesuai dengan tujuan organisasi.
- Prinsip pembagian Kerja
Untuk
menghindari kemungkinan adanya pekerjaan yang tertumpuk dan terjadinya kelalai
dalam pekerjaan pada sebuah unit kerja dalam organisasi maka diharuskan adanya pembagian kerja. Pembagian tugas juga
bertujuan agar setiap anggota organisasi mengetahui tugasnya masing masing
- Prinsip Pendelegasian Wewenang
Dalam
menjalankan kegiatan,suatu unit harus diberi kekuasaan/ untuk melaksanakan
tugas tugasnya agar dapat dimintai pertanggung jawabannya.
- Prinsip Tingkat Pengawasan
Untuk
memastikan proses pencapaian organisasi berjalan dengan baik maka, harus
dilakukan pengawasan dalam organisasi. Karena
jika suatu organisasi tidak memperoleh pengawasan maka pencapaian tujuan organisasi tidak maksimal.
- Prinsip Rentang Manajemen
Dalam
suatu organisasi perlu kita perhatikan suatu efektivitas dan sebuah efisiensi
dari seorang pemimpin yang dapat membawahi beberapa orang yang dibawahinya
sehingga seorang pemimpin dapat melakukan tugas kepemimpinannya secara
efektif,efisien dan maksimal serta dapat melakukan tugas pengawasan secara
optimal
- Prinsip Kesatuan Perintah
Dalam
menjalankan sebuah organisasi,seseorang bawahan biasanya mempunyai seorang bos atau
atasan. Dari bos tersebutlah kita menerima perintah dan kepada bos tersebutlah
kita memberikan laporan pertanggung jawaban atas pelaksanaan pekerjaan kita.
- Prinsip Kordinasi
Prinsip
kordinasi ada usaha untuk mengarahkan seluruh kegiatan unit-unit organisasi
agar tertuju pada pencapaian tujuan organisasi secara keseluruhan. Adanya
pembagian tugas kepada unit unit kerja tersebut terkadang tanpa kita sadari
menimbulkan kecenderungan untuk memisahkan diri dari tujuan organisasi secara
keseluruhan. Untuk itu, koordinasi diperlukan agar kita terhindar dari sebuah
konflik, dengan mengurangi duplikasi tugas, mengurangi pengangguran, dan
memperkuat kerjasama.
Prinsip organisasi Menurut Para Ahli
Banyak
ahli yang berupaya mengusulkan prinsip prinsip organisasi. Prinsip prinsip
tersebut terus mengalami perkembangan sesuai dengan perkembangan zamanitu
sendiri. Beberapa pendapat yang dimaksud antara lain:
- Henry fayol
Sebagaimana
dikutip oleh Huse dan Bowditch (1977), Fayol mengemukakan 14 prinsip organisasi
yaitu:
- Pembagian kerja (division of work)
- Wewenang dan tanggungjawab (authority and responsibility)
- Kesatuan perintah (unity of command)
- Disiplin (discipline)
- Kesatuan arah (unity of direction)
- Kepentingan individu dibawah kepentingan umum (subordination of individual interest to general interest)
- Gaji pegawai (remuneration of personel)
- Sentralisasi (centralization)
- Saluran jenjang (scalar chain)
- Ketertiban (order)
- Keadilan (equity)
- Kestabilan masa kerja pegawai (stability of tenure of personnel)
- Inisiatif ( initiative)
- Kesatuan jiwa korps (esprit de corp)
- L.P. Alford dan Russel Beatty (1951)
Dalam
tulisannya yang berjudul “Principle
of Industrial Management”, mereka
mengemukakan 7 prinsip organisasi:
- Prinsip tujuan (principle of objective)
- Prinsip wewenang dan tanggungjawab (principle of authority and responsibility
- Prinsip wewenang pokok (principle of ultimate authority
- Prinsip penugasan kewajiban kewajiban (principleog of assignment to duties
- Prinsip definisi (principle of definition
- Prinsip kesamaan (principle of homogeneity)
- Prinsip efektivitas organisasi ( principle of organization effectiveness)
- ·
Hendy
G. Hodges (1956)
Dalam
bukunya yang berjudul “ Management
Principles- principles-Problems”, Hodges mengemukakan prinsip organisasi
yang justru jauh lebih banyak yakni ada 20:
- Tujuan (objective)
- Analisis (analysis)
- Penyusunan fungsi (functionalism)
- Kesamaan (homogeneity)
- Koordinasi (coordination)
- Komunikasi (communication)
- Penyusunan jenjang (scalar process)
- Control (control)
- Rentangan control (span of control)
- Asas pengecualian (exception principle)
- Pelimpahan ( delegation)
- Staff (staff)
- Wewenang dan tanggungjawab (authority and responsibility)
- Kesederhanaan (simplicity)
- Standarisasi (starization)
- Spesialisasi ( specialization)
- Berkelangsungan (continuity)
- Feleksibilitas (Flexibility)
- Keseimbangan (balance)
- Hubungan langsung (direct contact)