Judul Buku : Operating
Management Sunsntainability and Suplay Chain Management
Pengarang :
Jay Hayzer, Barry Render, Chuck Munson
Tempat Terbit : New
York, USA
Tahun Terbit :2017
Reviewer : Herwin Iswandi
BAB I
OPERASI DAN PRODUKTIVITAS
A. Mengapa Belajar OM?
MO adalah salah satu dari tiga
fungsi utama organisasi mana pun, dan itu terkait secara integral semua fungsi
bisnis lainnya. Semua organisasi memasarkan (menjual), keuangan (akun), dan
menghasilkan (mengoperasikan), dan penting untuk mengetahui bagaimana fungsi OM
berfungsi. Karena itu, kami mempelajari bagaimana orang mengatur diri mereka
sendiri untuk usaha produktif .
Pentingnya Mempelajari MO
·
Kami mempelajari OM
karena kami ingin tahu bagaimana barang dan jasa diproduksi .
·
Produksi Fungsition
adalah segmen masyarakat kita yang menciptakan produk dan layanan yang kita
gunakan.
·
Kami mempelajari OM
untuk memahami apa yang dilakukan manajer operasi . Terlepas dari pekerjaan
Anda di sebuah organisasi, Anda dapat berkinerja lebih baik jika Anda memahami
apa yang dilakukan manajer operasi
·
Selain itu, memahami
OM akan membantu Anda menjelajahi banyak karier yang menggiurkan peluang di
lapangan
·
Kami mempelajari OM
karena merupakan bagian yang mahal dari suatu organisasi . Persentase besar
dari pendapatan sebagian besar perusahaan dihabiskan dalam fungsi OM. Memang,
OM menyediakan peluang besar untuk organisasi untuk meningkatkan profitabilitas
dan meningkatkan layanannya kepada masyarakat.
Contoh 1 mempertimbangkan bagaimana perusahaan dapat
meningkatkan profitabilitasnya melalui fungsi produksi.
B. Manajemen operasi
Manajemen operasi adalah kumpulan
kegiatan yang menciptakan nilai dalam bentuk barang dan jasa dengan mengubah
input menjadi output. Kegiatan menciptakan barang dan jasa berlangsung di semua
organisasi.
C. Pengorganisasian untuk Memproduksi Barang dan Jasa
Untuk membuat barang dan jasa,
semua organisasi melakukan tiga fungsi, diantaranya yaitu:
1. pemasaran
2. produksi atau operasi
3. keuangan atau akuntansi
D. Supply chain (rantai pasokan)
Melalui tiga fungsi — pemasaran,
operasi, dan keuangan — nilai bagi pelanggan dibuat.
Namun, perusahaan jarang
menciptakan nilai ini sendiri. Sebaliknya, mereka bergantung pada varietas
pemasok yang menyediakan segalanya, mulai dari bahan baku hingga layanan
akuntansi. Pemasok ini Jika disatukan, dapat dianggap sebagai rantai pasokan.
Sebuah rantai pasokan adalah jaringan global organisasi dan kegiatan yang
memasok barang dan jasa kepada perusahaan.
E. Apa yang Dilakukan Manajer Operasi
Berikut ini 10 keputusan strategi
manajemen operasional:
·
Desain barang dan
jasa: Mendefinisikan banyak hal yang diperlukan untuk operasi dalam
masing-masing keputusan OM lainnya. Misalnya, desain produk biasanya menentukan
batas bawah biaya dan batas atas kualitas, serta implikasi utama bagi
keberlanjutan dan sumber daya manusia yang dibutuhkan.
·
Mengelola kualitas:
Menentukan harapan kualitas pelanggan dan menetapkan kebijakan dan prosedur
untuk mengidentifikasi dan mencapai kualitas itu.
·
Strategi proses dan
kapasitas: Menentukan bagaimana suatu barang atau jasa diproduksi (Yaitu,
proses untuk produksi) dan melakukan manajemen untuk spesifik teknologi,
kualitas, sumber daya manusia, dan investasi modal yang menentukan banyak
struktur biaya dasar perusahaan.
·
Strategi lokasi:
Memerlukan penilaian mengenai kedekatan dengan pelanggan, pemasok, dan bakat,
sambil mempertimbangkan biaya, infrastruktur, logistik, dan pemerintah.
·
Strategi tata ruang:
Membutuhkan mengintegrasikan kebutuhan kapasitas, level personel, teknologi,
dan persyaratan persediaan untuk menentukan aliran efisien bahan, orang, dan
informasi.
·
Sumber daya manusia
dan desain pekerjaan: Menentukan cara merekrut, memotivasi, dan mempertahankan
personel dengan bakat dan keterampilan yang dibutuhkan. Orang adalah integral
dan bagian mahal dari desain total system
·
Manajemen rantai
pasokan: Memutuskan bagaimana mengintegrasikan rantai pasokan ke dalam dari
siapa, dan dalam kondisi apa.
·
Manajemen inventaris:
Mempertimbangkan pemesanan inventaris dan pengambilan keputusan dan bagaimana
mengoptimalkannya sebagai kepuasan pelanggan, kemampuan pemasok, dan jadwal
produksi dipertimbangkan.
·
Penjadwalan:
Menentukan dan mengimplementasikan jangka menengah dan pendek jadwal yang
secara efektif dan efisien memanfaatkan personel dan fasilitas sementara
memenuhi permintaan pelanggan.
·
Pemeliharaan:
Membutuhkan keputusan yang mempertimbangkan kapasitas fasilitas, produksi tuntutan,
dan personel yang diperlukan untuk mempertahankan proses yang andal.
F. Warisan manajemen operasi
Bidang manajemen operasi relatif
muda, tetapi sejarahnya kaya dan menarik. Hidup kita dan Disiplin manajemen
operasi telah ditingkatkan oleh inovasi dan kontribusi dari banyak individu
G. Operasi untuk barang dan Jasa
Kegiatan operasi untuk barang dan
jasa seringkali sangat mirip. Contohnya, keduanya memiliki standar kualitas,
dirancang dan diproduksi sesuai jadwal yang memenuhi permintaan pelanggan, dan
di buat fasilitas dimana orang bekerja. perbedaan antara barang dan jasa tidak
jelas Pada kenyataannya, hampir semua layanan dan hampir semua barang merupakan
campuran dari layanan dan produk nyata. Bahkan layanan seperti konsultasi
mungkin memerlukan laporan nyata. Demikian pula halnya denganpenjualan sebagian
besar barang termasuk layanan. Misalnya, banyak produk memiliki komponen
layanan pembiayaan dan pengiriman (misalnya, penjualan mobil). Banyak juga yang
membutuhkan pelatihan dan pemeliharaan (mis. mesin fotokopi dan mesin kantor). Kegiatan
"Layanan" juga dapat menjadi bagian yang tidak terpisahkan bagian
dari produksi.
H. Tantangan
produktifitas
Penciptaan barang dan jasa
membutuhkan perubahan sumber daya menjadi barang dan jasa. Itu semakin efisien
kita melakukan perubahan ini, kita semakin produktif dan semakin banyak nilai
ditambahkan untuk barang atau layanan yang disediakan. Meningkatkan
produktivitas berarti meningkatkan efisiensi. Peningkatan ini dapat dicapai
dengan dua cara: mengurangi input sambil menjaga outputoutput konstan atau
meningkat sambil menjaga input konstan. Keduanya merupakan perbaikan dalam
produktivitas. Dalam arti ekonomi, input adalah tenaga kerja, modal, dan
manajemen diintegrasikan ke dalam sistem produksi. Manajemen menciptakan sistem
produksi ini, yang menyediakan konversi input ke output. Output adalah barang
dan jasa, termasuk itu beragam item seperti senjata, mentega, pendidikan,
sistem peradilan yang lebih baik, dan resor ski. Produksi adalah pembuatan barang
dan jasa. Produksi tinggi mungkin hanya menyiratkan bahwa lebih banyak orang
bekerja dan bahwa tingkat ketenagakerjaan tinggi (pengangguran rendah), tetapi
tidak berarti tinggi produktivitas .
I. Pengukuran produktifitas
Seperti halnya ketika produktivitas
diukur dengan jam kerja per ton dari jenis baja tertentu. Meskipun jam kerja
adalah hal biasa ukuran input, ukuran lain seperti modal (dolar yang
diinvestasikan), bahan (ton bijih), atau energi (kilowatt listrik) dapat
digunakan.
J. Variabel Produktifitas
Produktifitas meningkat tergantung
pada tiga variabel produktifitas, yaitu:
1. Tenaga kerja, yang memberikan kontribusi sekitar 10%
dari kenaikan tahunan.
2. Modal, yang memberikan kontribusi sekitar 38% dari
kenaikan tahunan.
3. Manajemen, yang memberikan kontribusi sekitar 52% dari
peningkatan tahunan.
K. Tantangan saat ini dalam manajemen operasi
Manajer operasi bekerja di
lingkungan yang menarik dan dinamis. Lingkungan ini adalah hasil dari berbagai
kekuatan yang menantang, dari globalisasi perdagangan dunia hingga transfer ide,
produk, dan uang dengan kecepatan elektronik.
Berikut ini adalah beberapa tantangan dalam manajemen
operasi, yaitu:
·
Globalisasi:Manajer operasi
dengan cepat mencari kreatif desain, produksi yang efisien, dan barang-barang
berkualitas tinggi melalui kolaborasi internasional
·
Kemitraan rantai
pasokan: Siklus hidup produk yang lebih pendek, pelanggan yang menuntut, dan
perubahan yang cepat dalam teknologi, material, dan proses membutuhkan mitra
rantai pasokan untuk s selarakebutuhan pengguna akhir.
·
Keberlanjutan:
Pertempuran berkelanjutan manajer operasi untuk meningkatkan produktivitas
adalah cerned dengan merancang produk dan proses yang berkelanjutan secara
ekologis.
·
Pengembangan produk
yang cepat: Teknologi dikombinasikan dengan komunikasi internasional yang cepat
Kabar berita, hiburan, dan gaya hidup secara dramatis memotong masa hidup
produk.
·
Kustomisasi massal OM
harus cepat merespons dengan desain produk dan produksi yang fleksibel proses
yang melayani keinginan individu konsumen. Tujuannya adalah untuk menghasilkan
produk-produk tertentu, kapan saja dan di mana saja dibutuhkan
·
Operasi lean: Lean
adalah model manajemen yang melanda dunia dan menyediakan standar yang
dengannya manajer operasi harus bersaing. Lean dapat dianggap sebagai kekuatan
pendorong dalam operasi yang dijalankan dengan baik, di mana pelanggan puas,
karyawan puas dihormati, dan limbah tidak ada.
L. Etika, Tanggung Jawab Sosial, dan Keberlanjutan
Mengidentifikasi respons etis dan
bertanggung jawab secara sosial sambil mengembangkan proses yang berkelanjutan
sistem produktif yang efektif dan efisien juga tidak mudah. Manajer juga
ditantang untuk:
·
Kembangkan dan
hasilkan produk hijau yang aman dan berkualitas tinggi
·
Latih, pertahankan,
dan memotivasi karyawan di tempat kerja yang aman
·
Hormati komitmen
pemangku kepentingan
Kesimpulan
Operasi, pemasaran, dan keuangan /
akuntansi adalah ketiganya fungsi dasar untuk semua organisasi. Fungsi operasi
menciptakan barang dan jasa. Banyak kemajuan operasi manajemen tions telah
dibuat pada abad kedua puluh, tetapi sejak awal waktu, manusia telah berusaha
untuk meningkatkan kesejahteraan materialnya. Manajer operasi adalah pemain
kunci dalam pertempuran untuk meningkatkan produktivitas. Sebagai masyarakat
menjadi semakin makmur, lebih banyak dari mereka sumber daya dikhususkan untuk
layanan. Di AS, lebih dari 85% dari tenaga kerja dipekerjakan di sektor jasa.
Peningkatan produktivitas dan lingkungan yang berkelanjutan sulit untuk
dicapai, tetapi manajer operasi adalah kendaraan utama untuk melakukan
perbaikan.
0 Komentar
Berkomentarlah dengan Sopan dan sesuai Pembahasan