Di
era 4.0 ini banyak kaum milenial yang beralih profesi dalam dunia bisnis baik
bisnis usaha kecil sampai bisnis online. Namun berproses dalam dunia bisnis tak
semudah yang dibayangkan. Tentunya harus disertai dengan mental dan kerja keras
yang kuat karena dalam bisnis banyak tantangan yang mebuat orang jatuh bangun
dan banyaknya persaingan sehingga menuntut orang yang berproses dalam bisnis
harus berinovasi.
Namun
dalam merencanakan ada tuju factor yang mempengaruhi Perencanaan Bisnis. Ketujuh
factor ini harus dipersiapkan dengan baik agar mencapai tujuan Bisnis
· Produk
Trend penjualan, sarga produk..
diversifikasi produk, kualitas produk, design produk, style produk, identifikasi
produk seperti brand name, trade mark.
Bungkus, dan lain-lain.
·
Pasar
Data tentang konsumen, potensi
pasara kebiasaan membeli dan konsumen, kebijakan pengikut
·
Program Distribusi
Memilih dan melatih para salesman,
memilth saluran distribusi yang paling lepat dan metoda penjualannya, memilih
media promosi dan advertisi, menentukan kebijakan harga dan lain-lain.
·
Rencana Produksi
Bahan baku dan bahan-bahan pembantu
tenaga kerja, lokasi pabrik layout pabrik, fasilitas pabrik proses produksi,
dan lain-lain.
·
Program Penelitian dan Pengembangan
Besamya biaya yang diperlukan untuk
program penelitian dan pengembangan ada tidaknya korelasi antara kegiatan penelitian
dengan penjualan, manfaat yang akan diperoleh dan program tersebut.
·
Organisasi
Organization
chart (struktur
organisasi), penempatan individu-individu yang tepat pada masing-masing tingkat
jabatan, koordinasi antara masing-masing fungsi dalam organisasi
0 Komentar
Berkomentarlah dengan Sopan dan sesuai Pembahasan