Pengertian Pemasaran
Dalam menjalankan aktivitas perusahaan, pemasaran merupakan salah satu
aspek penting dalam pencapaian tujuan perusahaan yaitu memperoleh profit. Menurut Kotler dan Armstrong Pemasaran adalah proses dimana perusahaan
menciptakan nilai bagi pelanggan dan membangun hubungan yang kuat dengan
pelanggan, dengan tujuan menangkap nilai dari pelanggan sebagai imbalannya.
Manajemen Pemasaran
menurut Kotler adalah analisis, perencanaan implementasi dan penyediaan dari program -
program yang dirancang untuk menciptakan membangun dan memelihara pertukaran
yang
menguntungkan
dengan membeli sasaran untuk mencapai tujuan perusahaan.manajemen pemasaran
meliputi mengatur permintaan,yang selanjutnya mencakupi mengatur hubungan
dengan pelanggan.
Untuk tercapainya tujuan
dari pemasaran, perusahaan harus menerapkan bauran pemasaran atau marketing
mix. Kotler berpendapat bahwa
bauran pemasaran adalah seperangkat alat pemasaran teknis yang dapat
dikendalikan, yang dipadukan oleh perusahaan untuk menghasilkan respons yang
diinginkan dalam pasar sasaran.
Bauran pemasaran
(marketing mix) terdiri dari 4 (empat) komponen/unsur dalam strategi pemasaran yang
disebut 4P, yaitu:
1. Produk (product)
2. Harga (price)
3. Tempat (place)
4. Promosi (promotion)
Produk
(Product)
Menurut Kotler dan
Keller mengartikan produk adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan ke pasar
untuk diperhatikan, dimiliki, digunakanatau dikonsumsi sehingga dapat memuaskan
kebutuhan dan keinginan konsumen.
Kotler menggolongkan
produk dengan berbagai macam sudut pandang yaitu:
1)
Penggolongan produk berdasarkan daya tahan atau berwujud tidaknya
- Barang tidak tahan lama (nondurable goods), merupakan produk berwujud yang biasanya habis dikonsumsi dalam satu atau beberapa kali pemakaian, misalnya makanan, minuman obat-obatan dan lain-lain
- Barang tahan lama (durable goods), merupakan barang berwujud yang biasanya tahan lama dengan banyak pemakaian, misalnya mobil, televisi, telepon dan lain-lain. Jasa (service), jasa bersifat tidak berwujud dan tidak dapat dipisahkan serta mudah habis.
2)
Penggolongan produk berdasarkan siapa konsumennya dan untuk apa produk
tersebut dikonsumsi.
·
Barang konsumen (consumer’s goods), barang yang dikonsumsi untuk
kepentingan konsumen akhir.
·
Barang industri adalah barang-barang yang dikonsumsi/dibeli untuk
keperluan lain, yaitu untuk diubah, diproduksi menjadi barang lain kemudian
dijual kembali, atau untuk dijual kembali tanpa melakukan perubahan fisik.
· Harga
Harga adalah sejumlah uang yang dikeluarkan atau untuk mendapatkan dan memperoleh sebuah produk dan pelayanan. Penetapan harga dipengaruhi oleh permintaan produk, target pangsa
pasar, reaksi pesaing, strategi penetapan harga, bagian lain di luar bauran pemasaran
dan biaya operasional. Penetapan harga mempunyai beberapa maksud atau tujuan
tertentu. Tjiptono (2004)
menyatakan pada dasarnya ada empat jenis tujuan penetapan harga yaitu:
1) Tujuan berorientasi pada laba
2) Tujuan berorientasi pada volume
3) Tujuan berorientasi pada citra
4) Tujuan berorientasi pada harga
Promosi (Promotion)
Promosi merupakan salah satu peubah di dalam bauran pemasaran yang
sangat penting dilaksanakan oleh perusahaan dalam memasarkan produknya. Pada dasarnya promosi adalah semua kegiatan yang bermaksud
mengomunikasikan atau menyampaikan suatu produk kepada pasar sasaran untuk
memberi informasi tentang keistimewaan, kegunaan dan yang paling penting adalah
tentang keberadaannya, untuk mengubah sikap ataupun mendorong orang untuk
bertindak (dalam hal ini membeli).Tujuan utama dari promosi adalah
menginformasikan, mempengaruhi dan membujuk serta mengingatkan konsumen.
Sementara itu Tjiptono (2004) mengklasifikasikan
tujuan promosi sebagai efek dari komunikasi sebagai berikut:
1. Menimbulkan persepsi pelanggan terhadap suatu
kebutuhan.
2. Memperkenalkan dan memberikan pandangan tentang
suatu produk kepada konsumen.
3. Mendorong pemilihan terhadap suatu produk.
4. Membujuk pelanggan untuk membeli suatku produk.
5. Mengimbangi kelemahan unsur barang pemasaran lain.
6. Menanamkan Citra produk dan perusahaan.
Lokasi/tempat
Kotler menyatakan bahwa lokasi (Place) adalah suatu strategi yang menentukan
dimana dan bagaimana kita menjual suatu produk tertentu. Yang terpenting dalam
strategi ini adalah menetapkan lokasi, distributor atau outlet dimana konsumen
dapat melihat dan membeli barang yang ditawarkan itu. Place dalam elemen bauran
pemasaran ini adalah lokasi. Lokasi merupakan keputusan organisasi mengenai
tempat operasinya dengan semua kegiatan-kegiatan organisasi.