Fungsi Fungsi Manajemen
Fungsi Manajemen
menyangkut berbagai jenis kegiatan dan aktivitas manajemen yang berkaitan
dengan pencapaian tujuan yang telah
ditetapkan sebelumnya. Fungsi manajemen merupakan elemen elemen dasar yang
melekat pada aktivitas manajemen yang dijadikan acuan oleh manejer dalam
dalam melaksanakan kegiatan untuk
mencapai tujuan.
Secara umum terdapat
empat fungsi manajemen yang diserap dari beberapa para ahli:
Perencanaan (Planning)
Perencanaan (Planning) adalah memikirkan apa yang
akan dikerjakan dengan sumber daya yang dimiliki serta tujuan dari pekerjaan
tersebut. Dalam perusahaan perencanaan digunakan untuk merencanakan tujuan
perusahaan secara komprehensif (menyeluruh). Perencanaan merupakan proses
terpenting dari semua fungsi manajemen
karena tanpa perencanaan, fungsi fungsi lainnya tidak akan terlaksana dengan
baik.
Pengorganisasian
(organizing)
Pengorganisasian (organizing) adalah proses pembagian kerja yang dilakukan dalam organisasi menjadi kelompok kelompok tertentu. Pengorganisasian mempermudah
manejer dalam melakukan pengawasan dan menentukan orang yang dibutuhkan untuk melasksanakan tugas tugas yang telah dibagi
bagi tersebut. Pengorganisasian dapat dilakukan
dengan cara menentukan tugas apa
yang harus dikerjakan, siapa yang harus mengerjakannya, bagaimana tugas tugas
tersebut dikelompokan, siapa yang bertanggung jawab atas tugas, pada tingkat
mana keputusan harus diambil.
Actuating
(menggerakan)
Actuating (menggerakan)
artinya menggeraka sumber daya dalam organisasi agar mau bekerja dengan
sendirinya atau penuh kesadaran secara bersama sama untuk mencapai tujuan yang
dikehendaki secara efektif.
Pengawasan
(Controling)
Pengawasan dilakukan di
dalam organisasi agar orang orang yang bekerja dalam organisasi. Hal ini
bertujuan agar pelaksanaan pekerjaan tidak keluar dari tujuan organisasi