Pengertian Pemasaran
·
Menurut
Kotler dan Armstrong
Pemasaran adalah proses sosial dan
manajerial dimana individu dan kelompok mendapat yang mereka butuhkan dan
inginkan melalui penciptaan dan pertukaran produk dan nilai satu sama lain.
·
Menurut
Angipora
Pemasaran adalah kegiatan-kegiatan yang dapat
memberikan pengarahan yang diperlukan untuk kegiatan manufaktur dan membantu
agen barang-barang yang dihasilkan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan
konsumen yang belum terpuaskan selama ini.
Tujuan Pemasaran Menurut Buchori
Terdapat dua tujuan pemasaran (Buchori,
2009:9) yaitu;
·
Untuk
mencari keseimbangan pasar; Antara buyer's market dan seller's market,
mendistribusikan barang dan jasa dari daerah surplus ke daerah minus, dari
produsen ke konsumen, dari pemilik barang dan jasa ke calon konsumen
·
Memberi
kepuasan kepada konsumen; Tujuan ini merupakan tujuan utama pemasaran yang
bukan komersial atau mencari laba tetapi memberi kepuasan kepada konsumen. Maka
kegiatan marketing meliputi berbagai lembaga produsen yang salah satunya adalah
lembaga non profit yang bertujuan membuat kepuasan kepada konsumen. Jika
konsumen merasa puas, maka masalah keuntungan akan datang dengan sendirinya.
Fungsi Pemasaran menurut Payne (2008:30)
Mengungkapkan bahwa fungsi pemasaran
dapat dianggap terdiri dari tiga komponen kunci, yaitu :
·
Bauran
pemasaran. Unsur-unsur internal penting yang membentuk program pemasaran sebuah
organisasi,
·
Kekuatan
pasar. Peluang dan ancaman eksternal dimana operasi-operasi pemasaran sebuah
organisasi berinteraksi,
·
Proses
Penyelarasan. Proses strategik dan manajerial guna memastikan bahwa bauran
pemasaran dan kebijakan-kebijakan internal baik bagi kekuatan pasar.
0 Komentar
Berkomentarlah dengan Sopan dan sesuai Pembahasan