Hot Posts

Pemasaran: Pengertian Pemasaran dan Tujuan Pemasaran, fungsi Pemasaran



Pemasaran: Pengertian Pemasaran  dan Tujuan Pemasaran, fungsi Pemasaran

Pengertian Pemasaran
·         Menurut Kotler dan Armstrong
Pemasaran adalah proses sosial dan manajerial dimana individu dan kelompok mendapat yang mereka butuhkan dan inginkan melalui penciptaan dan pertukaran produk dan nilai satu sama lain.
·         Menurut Angipora
Pemasaran adalah kegiatan-kegiatan yang dapat memberikan pengarahan yang diperlukan untuk kegiatan manufaktur dan membantu agen barang-barang yang dihasilkan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen yang belum terpuaskan selama ini.

Tujuan Pemasaran Menurut Buchori

Terdapat dua tujuan pemasaran (Buchori, 2009:9) yaitu;
·         Untuk mencari keseimbangan pasar; Antara buyer's market dan seller's market, mendistribusikan barang dan jasa dari daerah surplus ke daerah minus, dari produsen ke konsumen, dari pemilik barang dan jasa ke calon konsumen
·         Memberi kepuasan kepada konsumen; Tujuan ini merupakan tujuan utama pemasaran yang bukan komersial atau mencari laba tetapi memberi kepuasan kepada konsumen. Maka kegiatan marketing meliputi berbagai lembaga produsen yang salah satunya adalah lembaga non profit yang bertujuan membuat kepuasan kepada konsumen. Jika konsumen merasa puas, maka masalah keuntungan akan datang dengan sendirinya.

Fungsi Pemasaran menurut Payne (2008:30)
Mengungkapkan bahwa fungsi pemasaran dapat dianggap terdiri dari tiga komponen kunci, yaitu :
·         Bauran pemasaran. Unsur-unsur internal penting yang membentuk program pemasaran sebuah organisasi,
·         Kekuatan pasar. Peluang dan ancaman eksternal dimana operasi-operasi pemasaran sebuah organisasi berinteraksi,
·         Proses Penyelarasan. Proses strategik dan manajerial guna memastikan bahwa bauran pemasaran dan kebijakan-kebijakan internal baik bagi kekuatan pasar.




Posting Komentar

0 Komentar