Tema Jurnal | : 7th International Economics & Business Management Conference, 5th & 6th October 2015 |
Judul Jurnal | : The Impact of Psychological Factors on Investors’ Decision Making in Malaysian Stock Market: A Case of Klang Valley and Pahang |
Penulis | : Suzaida Bakara, Amelia Ng Chui Yia |
Tahun | : 2016 |
Vol | : 13 |
1. Pendahuluan
·
Latar Belakang Penelitian
Selama
bertahun-tahu, keuangan tradisional selalu menganggap bahwa investor rasional
dalam proses pengambilan keputusan di pasar saham tentang trade-off
pengembalian risiko dan memaksimalkan utilitas. Namun, studi keuangan perilaku
mengungkapkan bahwa manusia tidak berperilaku rasional seperti anggapan para
ekonom karena keputusan mereka terkadang dipengaruhi oleh perasaan psikologis
mereka. Berbagai kajian dari negara-negara ASEAN, Timur Tengah, dan Barat
ternyata menemukan bahwa faktor psikologis memang memiliki hubungan dan
berdampak pada pengambilan keputusan investor di pasar sahamnya. Sehubungan
dengan hal tersebut, penelitian ini mencoba menjembatani kesenjangan perbedaan
lokasi geografis dan profil demografis antara Malaysia dan negara lain dengan
mengkaji dampak.
· Tujuan Penelitian
Penelitian ini penting dilakukan
bagi para pelaku pasar modal dan investor agar mengetahui pengaruh faktor
psikologisnya sendiri terhadap pengambilan keputusan di pasar modal. Dengan
informasi ini di tangan, mereka dapat menerapkannya dan mengambil tindakan
untuk mencegah faktor-faktor mengaburkan proses pengambilan keputusan mereka
untuk membuat keputusan yang rasional. Studi ini akan berguna bagi regulator
pasar saham dan pembuat kebijakan dalam membantu mereka dalam memahami peran
faktor psikologis terhadap pengambilan keputusan investor.
2.
Research Teori
·
Perilaku Keuangan
Teori keuangan
perilaku yang didasarkan pada psikologi berupaya memahami bagaimana emosi dan
kesalahan kognitifmempengaruhi perilaku investor individu (Kengatharan 2014).
Banyak penelitian dilakukan di bidang behavioralkeuangan berasal dari pekerjaan
di bidang psikologi kognitif yang mempelajari tentang bagaimana orang termasuk
investor berpikir,
bernalar dan membuat keputusan. Menurut Gitman dan Joehnk (2008), peneliti
percaya pada behavioral finance bahwa keputusan investor dipengaruhi oleh sejumlah
keyakinan dan preferensi. Keyakinan dan bias yang dihasilkan akan menyebabkan
investor bereaksi berlebihan terhadap jenis informasi keuangan tertentu dan
kurang bereaksi terhadap orang lain, membuat mereka membuat keputusan
irasional dan mempengaruhi perilaku pengambilan risiko mereka.
·
Heuristik
Bias
Teori keuangan perilaku bercabang untuk membentukteori
heuristik yang disebut “rules of thumb”. Heuristik membuat pengambilan
keputusan lebih mudah terutama dalam kompleks dan lingkungan yang tidak pasti dengan menggunakan akal
sehat untuk memecahkan masalah. Heuristik juga menyederhanakan pengambilan
keputusan proses dengan mengidentifikasi serangkaian kriteria yang
ditetapkan untuk dievaluasi (Jordan et al. 2012). Hirt and Block (2012)
menyatakan bahwa heuristik sering kali bergantung pada penemuan dan
digunakan untuk menghasilkan solusi optimal. Lim (2012) telah meneliti hubungan
antara bias psikologis, yaitu bias kepercayaan berlebihan, bias
konservatisme, menggiring dan menyesali dan pengambilan keputusan investor di
pasar saham Malaysia. Dia menemukan
Ternyata kepercayaan berlebihan, bias konservatisme, dan
penyesalan berdampak signifikan positif terhadap pengambilan keputusan
investor. Namun, perilaku menggiring ternyata tidak berdampak pada
pengambilan keputusan investor.
3.
Data dan Metodologi
·
Data
Data yang digunakan dikumpulkan
dari kuesioner dengan jumlah sampel 200 responden meliputi dosen, mahasiswa
keuangan, pejabat bank, eksekutif dan manajer yang terlibat di pasar saham
Malaysia.
·
Metode Pengambilan Sampel
Investor individu diambil sampelnya
dengan menggunakan convenience sampling, quota sampling, dan snowball sampling
karena jumlah populasi investor tidak diketahui dan kerangka sampling tidak
dapat ditetapkan (Lim 2012). Dalam convenience sampling, sampel dipilih karena
ketersediaannya bagi peneliti (Bryman dan Bell 2007). Kenyamanan sampling
digunakan dalam penelitian ini dalam memilih responden yang berasal dari
wilayah Lembah Klang dan Pahang karena peneliti dapat dengan mudah mengakses ke
wilayah tersebut karena alasan kedekatan. Dalam quota sampling, peneliti
mengembangkan karakteristik kontrol berdasarkan jenis kelamin, usia dan ras
sebagai kriteria pemilihan. Menurut Saunders et al. (2009), hal ini didasarkan
pada premis bahwa sampel akan mewakili populasi karena variabilitas dalam
sampel Anda untuk berbagai variabel kuota sama dengan variabilitas dalam
populasi. Karena warga negara Malaysia terdiri dari suku Bumiputera (67,4%),
Tionghoa (24,6%), India (7,3%) dan lain-lain (0,7%) berdasarkan Sensus terakhir
tahun 2010, responden dipilih berdasarkan kumpulan komposisi etnis ini. Dalam
snowball sampling, responden yang memenuhi kriteria yang ditetapkan oleh
peneliti dirujuk oleh responden awal yang dipilih dalam convenience sampling
dan quota sampling.
·
Sumber data
Semua data dan informasi untuk
penelitian ini dikumpulkan dari sumber primer melalui kuesioner. Kuesioner
selfcompletion terdiri dari dua bagian yaitu bagian pertama untuk variabel
demografis dan bagian kedua terkait dengan faktor perilaku.
·
Kerangka Penelitian
·
Metodologi
Pada
penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda. Perangkat
lunak Paket Statistik untuk Ilmu Sosial (SPSS) Versi 22 oleh IBM digunakan
untuk menjalankan semua analisis. Analisis regresi berganda disajikan untuk
mengungkap variabel mana yang paling berpengaruh dan paling kecil pengaruhnya
terhadap pengambilan keputusan investasi.
4.
Temuan
·
Untuk faktor
overconfidence nilai t sebesar 6,829 lebih besar dari tolak ukur 2,4 sedangkan
signifikansinya nilai 0,000 yang sangat signifikan pada tingkat 0,01.
Jadi dari hasil yang diperoleh, hipotesis nol adalah ditolak dan
dapat disimpulkan bahwa overconfidence berpengaruh signifikan positif terhadap
pengambilan keputusan investor pada tingkat signifikansi 0,01. Ini berarti sebagian
besar investor terlalu percaya diri dengan keputusan mereka dan mereka berpikir bahwa
keputusan mereka benar.
·
Untuk faktor
konservatisme nilai t-nya adalah -3,542 melebihi kisaran patokan -2,4,
sedangkan nilai signifikansi 0,000 yang sangat signifikan pada
level 0,01. Dengan demikian hipotesis nol ditolak dan dapat dapat
disimpulkan bahwa konservatisme berpengaruh signifikan negatif terhadap
pengambilan keputusan investor dengan signifikansi 0,01 tingkat.
Disarankan bahwa mayoritas investor cenderung berinvestasi pada saham-saham
perusahaan ternama produk mapan. Hal tersebut dibarengi dengan keyakinan
bahwa return akan lebih tinggi bila mereka berinvestasi pada saham itu mereka akrab
dengan.
·
Untuk faktor
herding, pada tabel menunjukkan nilai t-nya -0,933 dan nilai signifikansinya
0,352 yang lebih besar daripada tingkat signifikansi 0,1. Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa tidak cukup bukti untuk menolak nol hipotesis dan
hipotesis nol diterima. Faktor herding tidak berpengaruh signifikan terhadap
keputusan investor pembuatan. Mereka umumnya tidak mengikuti tren pasar dan
juga tidak mudah terpengaruh oleh pengaruh rekan-rekan mereka.
·
Dari model ini
didapatkan nilai t dari faktor bias ketersediaan sebesar 4,26 dan nilai
signifikansinya 0,000. Nilai t-nya lebih dari patokan 2,4 dan nilai
signifikansinya kurang dari tingkat signifikansi 0,01. Dengan
demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternatif
diterima. Ketersediaan bias berpengaruh signifikan positif terhadap pengambilan
keputusan investor. Investor umumnya sangat bergantung pada ketersediaan yang
mudah informasi.
Mereka cenderung memprediksi harga saham di masa depan berdasarkan harga saham
saat ini.
5.
Kesimpulan
· Hasil penelitian menunjukkan bahwa overconfidence berpengaruh signifikan positif terhadap pengambilan keputusan investor. Temuan tersebut juga menggambarkan bahwa konservatisme memiliki pengaruh signifikan negatif terhadap keputusan investor. Selain itu, Herding ditemukan tidak ada dampak signifikan terhadap pengambilan keputusan investor dan temuan ini sesuai dengan temuan Lim (2012).
·
Hasil lebih lanjut
menunjukkan bahwa perilaku bias ketersediaan memiliki pengaruh signifikan yang
positif terhadap keputusan investor. Hasil ini sejalan dengan bukti yang
didokumentasikan dalam studi oleh Qureshi et al. (2012), Luong & Thu Ha
(2011) dan Nofsingera dan Varmab (2013).
6.
Limitasi
Studi ini hanya mencakup wilayah di
Lembah Klang dan Pahang, studi di masa mendatang dapat diperluas untuk mencakup
wilayah dan negara bagian lain karena investor di wilayah lain mungkin memiliki
pandangan berbeda tentang pengambilan keputusan.
7.
Future
Research
Untuk penelitian lebih lanjut di
masa mendatang, kami merekomendasikan agar ukuran sampel investor yang lebih
besar dimasukkan dan diperpanjang untuk mencakup area dan negara bagian lain
untuk secara akurat menggambarkan seluruh fenomena pengambilan keputusan
investor Malaysia dan juga untuk mengkonfirmasi temuan dari makalah ini.
II.
KAITAN
JURNAL DENGAN MATERI BIAS
Pada jurnal Suzaida Bakara dan Amelia Ng Chui
Yia (2016) berjudul “The Impact of Psychological Factors on Investors’
Decision Making in Malaysian Stock Market: A Case of Klang Valley and Pahang”
memiliki empat variable independent yaitu Overconvidence, Conservatism, Herding
dan aviability bias, serta memiliki 1 variabel dependent yaitu keputusan
Investasi.
·
Overconvidence adalah
Keputusan investasi dilakukan karena kepercayaan diri investor yang terlalu
berlebihan atas prediksi dan informasi yang dimilikinya.
·
Conservatism Investor
cenderung memaksakan penilaian awal dan menyangkal perubahan kondisi yang
terjadi atas investasinya. Hal ini membuat investor lambat bereaksi terhadap
informasi atau fakta terbaru.
·
Herding adalah salah satu pendekatan yang digunakan untuk mengetahui
perilaku investor. Herding behavior dipengaruhi oleh faktor psikologis yang
menuntun investor untuk melakukan tindakan yang kurang logis terutama pada saat
terjadi krisis di pasar modal.
·
Sedangkan aviability
bias adalah Keputusan investasi yang dilakukan semata-mata atas kemudahan dan
ketersediaan. Apa yang paling mudah dan tersedia untuk dilakukan, itulah yang
menjadi keputusan akhir investor. Dan seringkali investor meyakini bahwa
investor lain pun pasti melakukan hal yang sama dengan dirinya.
Menurut Michael
M. Pompian dalam bukunya Behavioral Finance and Wealth Management, yang
memengaruhi para investor dalam mengambil keputusan adalah aspek kognitif dan
emosi. Pada jurnal tersebut melibakat kedua hal tersebut, seperti yang kita
ketahui Conservatism bias dan aviability bias masuk kedalam kategori bias
kognitif. Kognitif adalah proses pemahaman, pengolahan, pengambilan kesimpulan
atas suatu informasi atau fakta.Sesuai namanya, bias kognitif menggambarkan
adanya penyimpangan atau berat sebelah yang disebabkan oleh informasi yang
dimiliki oleh investor.
Sedangkan Overconvidence
dan Herding termaksud dalam aspek bias Emosi. Bias Emosi lebih menitikberatkan
pada perasaan dan spontanitas dibandingkan fakta. Dengan demikian, bias
emosional menggambarkan kesalahan keputusan karena mengabaikan fakta.
Jadi secara menyeluruh dalam jurnal tersebut menggunakan bias kognitif dan bias emosi sebagai variable dalam menilai keputusan Investasi sehingga menghasilkan kesimpulan:
- Overconfidence berpengaruh signifikan positif terhadap pengambilan keputusan investor.
- Konservatisme memiliki pengaruh signifikan negatif terhadap keputusan investor.
- Herding ditemukan tidak ada dampak signifikan terhadap pengambilan keputusan investor
- Perilaku aviability bias memiliki pengaruh signifikan yang positif terhadap keputusan investor.
0 Komentar
Berkomentarlah dengan Sopan dan sesuai Pembahasan