Faktor Eksternal
yang mempengaruhi perubahan Organisasi
Sedangkan, lingkungan eksternal adalah komponen
lingkungan yang berada diluar organisasi, yaitu:
1)
Pelanggan
Merupakan penggunan produk atau
pun jasa dari organisasi. Pelanggan adalah faktor eksternal yang langsung
mempengaruhi organisasi. Hal tersebut karena pelanggan adalah penyumbang
keuntungan bagi organisasi.
2)
Pensuplai atau
Pemasok
Sebuah organisasi tidak dapat
menghasilkan sebuah output tanpa adanya input. Pemasok akan bertugas sebagai
penginput material yang kita butuhkan, misalnya bahan baku atau bahan kemas.
Tanpa adanya pemasok, organisasi tidak dapat memenuhi kebutuhan para
pelanggannya. Oleh karena itu, organisasi perlu menjaga hubungan baik dengan
faktor eksternal ini.
3)
Pemerintah
Peran pemerintah dalam dunia
bisnis adalah sebagai pengawas, pembentuk peraturan, dan pendorong bisnis.
Dalam prakteknya, menurut sistem laissez-faire, peran pemerintah harus dibatasi
dari segi pembuat aturan agar secara alami tercipta pasar bebas.
4)
Organisasi Pekerja/
Serikat Pekerja
Serikat pekerja merupakan wadah
bagi para pekerja untuk menyampaikan aspirasi atau keluhannya. Serikat ini
biasanya akan memperjuangkan hak-hak para pekerja terhadap perusahaan.
5)
Kompetitor/ Pesaing
Pesaing merupakan organisasi
yang mempunyai output yang sama atau hampir mirip. Sehingga sasaran pelanggan
dari organisasi tersebut pun akan sama. Oleh karena itu, kita wajib mewaspadai
kompetitor karena bukan hanya mempersempit pasar tetapi mereka dapat mencuri
pelanggan kita.
Faktor Internal yang mempengaruhi perubahan Organisasi
Lingkungan internal adalah komponen lingkungan yang
berada dalam organisasi, yaitu:
SDM merupakan faktor internal
yang paling penting. SDM akan mempengaruhi segala aspek mengenai keputusan
organisasi kedepannya. Semakin baiknya SDM, maka semakin baik juga organisasi
dapat mengantisipasi ancaman baik dari internal maupun eksternal. Oleh
karena itu, pemilihan SDM harus selektif dan sesuai kebutuhan organisasi.
Baiknya, organisasi memiliki tim yang khusus untuk menyeleksi SDM.
2)
Budaya
Budaya adalah adat yang
tercipta dalam organisasi. Hal ini meliputi norma, aturan dan keyakinan yang
ada pada organisasi.
3)
Dewan direksi
Dewan ini akan bertugas untuk
menentukan tujuan organisasi, penentuan strategi, pengawasan dan pengarahan
pada tiap anggota organisasi. Biasanya, dewan direksi sering kita sebut sebagai
bagian dari manajemen tingkat tinggi (top management).
4)
Pemegang saham
Yaitu, orang-orang yang
memiliki sejumlah saham pada organisasi dan berhak ikut andil dalam pengambilan
keputusan atau pengambilan arah tujuan organisasi. Para pemegang saham ini akan
menyampaikan hal tersebut dalam rapat pemegang saham.
0 Komentar
Berkomentarlah dengan Sopan dan sesuai Pembahasan