Dalam Pengelolaan perusahaan, manajemen menetapkan tujuan (goals) dan sasaran (objektives) dan kemudian membuat rencana kegiatan untuk mencapai tujuan dan sasaran tersebut. Secara umum manajemen dapat diartikan sebagai suatu proses yang terdiri dari perencanaan (planning), Pengorganisasian (organizing), pengarahan (actuating), dan pengendalian (controlling).
Dari
keempat fungsi tersebut, maka planning merupakan fungsi yang memegang peranan
yang sangat penting karena merupakan dasar
bagi pelaksanaan fungsi fungsi lain.
Perbedaan Anggaran dan Penganggaran
Definisi Anggaran
·
Menurut
RA Supriyono
Anggaran
adalah suatu rencana terinci yang dinyatakan secara formal dalam ukuran
kuantitatif, biasanya dinyatakan dalam satuan uang, untuk perolehan dan
penggunaan sumber sumber suatu organisasi dalam jangka waktu tertentu, misalnya
satu tahun.
·
Menurut
Gunawan Adisaputro
Anggaran
adalah suatu pendekatan formal dan sistematis daripada pelaksanaan tanggung
jawab manajemen dalam perencanaan, koordinasi, dan pengawasan.
·
Menurut
Glenn A. Wealsch
Comprehensive
profit planning and control is defined as a systematic and formalized approach
for performing significant phases of management planning and control functions.
(intinya: Anggaran bersifat Formal,
sistematis, tanggung jawab, dan manajemen)
·
Dari ketiga Definisi diatas dapat disimpulkan bahwa Anggaran adalah Produk yang dihasilkan dari kegiatan
penganggaran yang dilakukan dengan perencanaan yang secara sistematis, forma
dan dilaksanakan dengan tanggung agara
tujuan dari dari perusahaan tecapai.
Definisi
Penganggaran
· Definisi Penganggaran (budgeting) adalah suatu Proses tahap persiapan penyusunan rencana,
perencanaan berbagai informasi yang diperlukan, pembagian tugas perencanaan,
penyusunan rencana, implementasi dari rencana tersebut hingga pada tahap
pengawasan. Produk dari penganggaran adalah anggaran (Budget)
0 Komentar
Berkomentarlah dengan Sopan dan sesuai Pembahasan