McKinsey 7S Framework
·
Strategy
(Strategi)
Strategi
adalah sebuah rumusan organisasi atau perusahaan yang dipergunakan untuk membangun
serta mempertahankan keunggulan yang kompetitif dan berkelanjutan. Strategi
tersebut ditujukan agar perusahaan atau organisasi bisa memenangkan persaingan.
Strategi harus mempunyai arah yang tegas dan jelas agar setiap individu atau
kelompok di dalamnya tahu bagaimana cara yang harus dipakai agar sasaran dari
perusahaan atau organisasi bisa tercapai.
·
Structure
(Struktur)
Struktur
organisasi dalam sebuah perusahaan akan mempengaruhi bagaimana sistem bekerja. Dalam
struktur tersebut akan diatur tentang bagaimana sistem yang digunakan oleh
perusahaan, bagaimana alur komunikasi, wewenang dan tanggung jawab serta jalur
pendelegasian tugas pada unit kerja. Tujuannya agar apa yang menjadi sasaran
organisasi atau perusahaan tercapai sesuai rencana. Struktur merupakan aspek
atau elemen yang bisa terlihat sehingga akan lebih mudah untuk mengubah ataupun
mengaturnya.
·
System
(Sistem)
Sistem
yang dimaksud dalam kerangka kerja 7S adalah sebuah proses dan prosedur yang
dilakukan oleh perusahaan. Sistem tersebut berisi kegiatan operasional harian
dan juga bagaimana pembuatan keputusan dalam perusahaan tersebut. Sistem
menjadi fokus utama dari manajemen jika terjadi sebuah perubahan organisasi
pada perusahaan.
·
Skills
(Ketrampilan)
Kemampuan
atau kompetensi yang ada pada karyawan dalam sebuah perusahaan sesuai dengan
standar yang diharapkan itulah yang disebut dengan skills atau keterampilan. Dengan
adanya keterampilan pada karyawan, perusahaan berharap bisa mencapai sasaran
yang telah ditetapkannya. Skills atau keterampilan yang ada pada
karyawan termasuk kapabilitas dan juga kompetensi.
·
Staff
(Karyawan)
Staf
atau karyawan atau dalam bahasa HR disebut dengan Sumber Daya Manusia (SDM)
merupakan aset dalam perusahaan. Yang dimaksud disini adalah bagaimana cara
seleksi, perekrutan, pelatihan (training) karyawan yang sesuai dengan
kebutuhan perusahaan. Setelah itu bagaimana mereka dimotivasi serta dihargai
oleh perusahaan.
·
Style
(Gaya Kepemimpinan)
Bagaimana
jajaran top manajemen memperlakukan karyawannya bisa memberikan pengaruh yang
cukup banyak pada kemajuan perusahaan. Gaya kepemimpinan yang baik dari para
manajer kepada bawahannya akan membuat mereka menjadi lebih nyaman dalam
bekerja sehingga akan lebih loyal terhadap perusahaan. Itulah mengapa dikatakan
bahwa gaya kepemimpinan memberikan pengaruh pada seberapa besar kemampuan
perusahaan untuk bisa mencapai target dan sasaran.
·
Share
Values (Nilai-nilai Perusahaan)
Inilah
yang sebenarnya menjadi inti dari kerangka kerja 7S McKinsey. Mengapa begitu
karena nilai-nilai inti yang berlaku pada sebuah perusahaan akan membentuk
budaya kerja pada perusahaan itu sendiri. Bisa juga dikatakan bahwa share
values merupakan standar norma yang berlaku bagi semua karyawan dan
juga manajemen dalam berperilaku. Bagaimana perilaku karyawan dan manajemen
dalam sebuah perusahaan akan mempengaruhi citra atau reputasi dari perusahaan
tersebut.
0 Komentar
Berkomentarlah dengan Sopan dan sesuai Pembahasan